RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 8
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung |
KOMPETENSI DASAR | Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau rekaman |
INDIKATOR | Menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur sastra pembangun cerita Menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur intrinsic dan ekstrinsik Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerita nonsastra yang disampaikan secara langsung Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 .pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu mengidentifikasi unsure intrinsic dan ekstrinsik cerita yang disampaikan secara langsung atau rekaman |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita) Unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, amanat) Unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya) |
METODE PEMBELAJARAN
v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru mengajak siswa mengingat kembali struktur waktu dan tempat dalam paragraf naratif Guru mengajak siswa mengingat unsur-unsur intrinsik yang membangun karya sastra Guru mengaitkan hubungan antara struktur waktu dan tempat dalam paragraf naratif dengan unsur latar dalam cerita sastra |
INTI | Pertemuan ke-1 (40’) |
Siswa mendengarkan penjelasan Guru tentang unsur-unsur sastra yang ada dalam sebuah cerita nonsastra, seperti kisah pengalalaman hidup Siswa menyimak cerita ”Hidup Setia dan Tabah dalam Derita” yang disampaikan melalui rekaman atau tuturan langsung Guru atau peraga. Siswa menjawab sejumlah pertanyaan pemahaman isi cerita yang dilisankan oleh Guru. | |
Pertemuan ke-2 (90’) | |
Siswa mendengarkan uraian tentang latar belakang kehidupan penulis/pemilik cerita Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam tuturan cerita yang diperdengarkan. Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan ditanggapi bersama Siswa menyimak rangkuman dan tanggapan Guru atas hasil presentasi semua kelompok | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang unsur-unsur sastra dalam cerita nonsastra yang telah dipelajari Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran |
SUMBER BELAJAR
| Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman Cerita Rekaan dan Seluk Beluknya, karya Frans Mido terbitan Nusa Indah tahun 1994 halaman |
| Material: VCD, kaset, poster | VCD/kaset audio berisi tuturan cerita pengalaman hidup |
| Mediacetak dan elektronik | |
| Website internet | |
| Narasumber | |
| Model peraga | Siswa pencerita |
| Lingkungan | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan |
v | Tes Tertulis | |
v | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
| Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
v | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Daftar pertanyaan lisan pemahaman isi cerita Daftar pertanyaan lisan berisi panduan untuk mengungkap unsur intrinsik cerita Sejumlah pertanyaan untuk didiskusikan dalam kelompok | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observsi dikskusi kelompok dan presentasi (terlampir) |
No comments:
Post a Comment