06 April 2011

Bahasa Indonesia SMA X Silabus 2



BAHASAA INDONESIA X SILABUS 2
SILABUS

KELAS X SEMESTER 2

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
9.       Memahami  informasi melalui tuturan
                                                                                                                                        
Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung 


Informasi dari tuturan langsung tentang topik tertentu
·  pokok-pokok isi informasi







·      Mendengarkan informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung (Misalnya tentang Transportasi : andong, delman, bajaj, jukung, bendi, dll.)*
·   Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. 
·   Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis  secara runtut dan jelas
·   Mendiskusikan isi informasi
·   Mencatat pokok-pokok isi  informasi yang disampaikan  melalui tuturan langsung
·   Menyimpulkan  isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·   Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis  secara runtut dan jelas

Jenis Tagihan:
·      pertanyaan lisan
·      tugas individu



Bentuk Intrumen:
·      jawaban singkat
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
2












·     narasumber/
·     televisi/ radio/
Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)  
Rekaman Informasi atau teks yang dibacakan
·      pokok-pokok isi informasi
·      simpulan informasi

·      Mendengarkan informasi yang disampaikan melalui rekaman atau teks yang dibacakan *
·      Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami
·   Menyampaikan secara lisan isi informasi   secara runtut dan jelas
·Mencatat pokok-pokok isi  informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan
·Menyampaikan secara lisan isi informasi   secara runtut dan jelas
·Menyimpulkan isi informasi yang didengar

Jenis Tagihan :
·      pertanyaan lisan
·      bentuk intrumen
·      jawaban singkat
2
· rekaman informasi/ teks yang dibacakan


SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Berbicara
10.          Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber  

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
10.1    Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik 


·   Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
·   Kata kunci (saya kurang sependapat...  karena..., ) untuk menyampaikan kritik atau dukungan terhadap  suatu pendapat atau gagasan

·   Membaca artikel
·   Mendiskusikan persoalan yang menjadi perdebatan umum di masyarakat ( apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakang, dsb.)
·   Memberikan  kritik  dengan disertai alasan


·   Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
·   Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
·   Memberikan  kritik  dengan disertai alasan

Jenis Tagihan:
·      praktik
·      tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
4
·      artikel dari media cetak/ internet






10.2    Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik    

·   Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
·   Kata kunci (saya sependapat... karena..., ) untuk menyampaikan dukungan terhadap  suatu pendapat atau gagasan

·   Membaca artikel
·   Mendiskusikan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
·   Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan)


·   Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
·   Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
·   Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan las an)

Jenis Tagihan:
·      praktik
·       tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
4
·   artikel dari media cetak/ internet


SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Membaca
                                      11.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai
 
Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
11.1  Merangkum seluruh isi informasi  teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan  membaca memindai   




Buku yang memuat daftar isi
·  pokok isi informasi
·  rangkuman isi buku
·  klausa










·   Membaca daftar isi buku
·   Menentukan salah satu bab dalam daftar isi  buku yang merujuk ke halaman
·   Membaca informasi yang terdapat pada halaman tertentu sesuai dengan yang dirujuk pada daftar isi
·   Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari  halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat
·   Mendiskusikan rangkuman isi
·   Mengidentifikasi klausa dalam teks buku

·      Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu  yang dirujuk
·      Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari  halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat
·      Membahas rangkuman yang telah dibuat
·      Mengidentifikasi klausa dalam teks buku
Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      laporan


Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas

4







·      buku yang memuat daftar isi
·      buku yang terkait dengan tata bahasa
11.2     Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai   
·   teks / bacaan yang berisi tabel atau grafik
·   isi tabel/ grafik
·   merangkum tabel/ grafik

·   Membaca teks yang berisi tabel atau grafik
·      Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat 
·   Menyimpulkan isi tabel/ grafik
·      Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat
·      Merangkum isi informasi  dari suatu tabel/ grafik
Jenis Tagihan:
·   ulangan
·   tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
2

·     media cetak/ internet


SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA ...
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : X
Semester                                 :  2
Standar Kompetensi                : Menulis 
                                                 12. Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato 
                                      
Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
12.1     Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif

Contoh paragraf argumentatif
·  ciri-ciri paragraf argumentatif
·  topik paragraf argumentatif
·  kerangka paragraf argumentatif
·  penggunaan kata penghubung dalam paragraf argumentatif

·      Membaca paragraf argumentatif
·      Mengidentifikasi  karekteristik
     paragraf argumentatif
·      Menulis paragraf argumentatif
·      Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraf argumentatif
·      Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman


·      Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif
·      Menyusun kerangka paragraf argumentatif
·      Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf argumentatif  
·      Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu, dll.) dalam paragraf argumentatif
·      Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman

Jenis Tagihan:
·      tugas Individu
·      praktik

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
4
·      buku yang berkaitan dengan argumen-tasi

·      buku yang terkait denga tata bahasa
12.2  Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf  persuasif
Contoh paragraf persuasif
·  ciri-ciri paragraf persuasif
·  topik-topik  paragraf persuasif
·  kerangka paragraf persuasif
·  penggunaan kata penghubung antarklausa dalam paragraf persuasif
·      Membaca paragraf persuasif
·      Mengidentifikasi  karekteristik paragraf persuasif
·      Menulis paragraf persuasif
·      Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraf persuasif
·      Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman
·   Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian
·   Menyusun kerangka paragraf persuasif
·   Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf persuasif  
·   Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraf persuasif
·   Menyunting paragraf persuasif yang ditulis  teman



Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·    pilihan ganda
4
·      buku yang berkaitan dengan argumen-tasi

·      buku yang terkait dengan tata bahasa

12.3     Menulis hasil  wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
Informasi  dari nara- sumber
·  topik wawancara
·  daftar pertanyaan
·  pokok-pokok isi wawancara
·  penggunaan ejaan dan tanda baca

·   Memilih narasumber untuk diwawancarai *
·   Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
·   Melakukan wawancara dengan narasumber
·   Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
·   Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar

·   Menentukan topik
·   Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
·   Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
·   Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar

Jenis Tagihan:
·      tugas kelompok
·      laporan

Bentuk Instrumen:
·       uraian bebas
·       pilihan ganda
4
·   buku pedoman wawancara
12.4    Menyusun  teks pidato 
Kalimat pembuka, isi, penutup
·  syarat-syarat topik
·  sumber topik
·  kerangka teks pidato
·  penggunaan bahasa dalam teks pidato

·      Menentukan topik dan tujuan
·      Menyusun kerangka pidato
·   Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
·   Menyunting teks pidato tulisan teman

·   Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
·   Menyunting teks pidato tulisan teman

Jenis Tagihan:
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
4
·      buku yang berkaitan dengan pidato

·      buku EyD


SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           :  Mendengarkan
                                              13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan
                                     
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman

Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung
·  ciri-ciri cerita rakyat
·  unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang)
·  nilai-nilai (budaya, moral, agama)
·  cara membuat sinopsis
·  hal-hal yang menarik tentang tokoh


·   Mendengarkan rekaman cerita rakyat (penuturan cerita sesuai dengan daerah setempat)*
·   Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·   Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
·   Mengutarakan secara lisan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan memperhatikan pelafalan kata, dan kalimat  yang tepat
·   Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
·   Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis

·   Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·   Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·   Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
·   Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif
·   Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis

Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
4
·  rekaman cerita rakyat, tuturan cerita rakyat

·  buku cerita rakyat
13.2 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau  melalui rekaman 
Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung
·  ciri-ciri cerita rakyat
·  unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang)
·  nilai-nilai (budaya, moral, agama)
·  cara membuat sinopsis
·  hal-hal yang menarik tentang latar

·   Mendengarkan cerita rakyat yang disampaikan secara langsung*
·   Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·   Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
·   Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
·   Mengungkapkan cerita rakyat dalam bentuk sinopsis

·   Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·   Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·   Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat
·   Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif
·   Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
4
·    buku cerita rakyat, tuturan cerita rakyat
SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  2
Standar Kompetensi     : Berbicara
                                             14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
                                                                                 
Kompetensi
 Dasar
Materi
 Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui  diskusi

Puisi
·  gambaran penginderaan
·  gambaran perasaan
·  gambaran pikiran
·  penggambaran imajinasi
·  maksud puisi

·      Membaca puisi
·      Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
·      Melaporkan hasil diskusi
·      Menanggapi isi laporan diskusi

·   Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
·   Mendiskusikan  maksud/ makna puisi

Jenis Tagihan:
·      tugas kelompok
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
·      uraian bebas
4

·      buku kumpulan puisi

·      buku panduan yang terkait
14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui  diskusi 
Puisi
·  hubungan isi dengan realitas alam
·  hubungan isi puisi dengan sosial budaya
·  hubungan isi puisi dengan masyarakat

·      Membaca puisi
·      Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat)
·      Melaporkan hasil diskusi
·      Menanggapi isi laporan diskusi


·   Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat)


Jenis Tagihan:
·      tugas kelompok
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
·      uraian bebas
4

·      buku kumpulan puisi

·      buku panduan yang terkait

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  2
Standar Kompetensi     : Membaca
                                            15. Memahami sastra Melayu klasik 

Kompetensi
 Dasar
Materi
 Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan   struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik
Karya sastra Melayu klasik
·  ciri-ciri karya sastra Melayu klasik
·  unsur-unsur karya sastra Melayu klasik (tema, alur, latar, penokohan, amanat)
·  ringkasan isi karya sastra Melayu klasik

·      Membaca naskah sastra Melayu klasik *
·      Mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu Klasik
·      Mendiskusikan struktur (unsur) karya sastra Melayu Klasik
·      Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf

·   Mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu klasik
·   Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik
·   Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   laporan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
4

·      karya satra Melayu klasik
15.2 Menemukan  nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik
Naskah sastra Melayu klasik
·  nilai-nilai (budaya, moral, agama)

·      Mendiskusikan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik *
·      Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini

·   Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
·   Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini
·   Mengartikan kata-kata sulit

Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
2
·     karya satra Melayu klasik

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  2
Standar Kompetensi     : Menulis
                                            16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam  cerpen

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
16.1 Menulis karangan berdasarkan  kehidupan diri sendiri dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)

Contoh cerpen
·   ciri-ciri cerita pendek
·   syarat topik cerpen
·   Kerangka cerita pendek
·   unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik)

·   Menulis cerpen
·   Membahas cerpen yang ditulis teman

·      Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis  cerita pendek
·      Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa
·      Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.

Jenit Tagihan:
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
4
·      buku kumpulan cerpen
16.2 Menulis karangan berdasarkan  pengalaman orang lain dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
Contoh cerpen
·   ciri-ciri cerita pendek
·   syarat topik cerpen
·   kerangka cerita pendek
·   unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik)

·   Menulis cerpen
·   Membahas cerpen yang ditulis teman

·      Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis  cerita pendek
·      Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan  pelaku, peristiwa, latar
·      Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.
Jenit Tagihan:
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
4
·      buku kumpulan cerpen


No comments: