BAHASAA INDONESIA X SILABUS 2
SILABUS
KELAS X SEMESTER 2
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9. Memahami informasi melalui tuturan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung | Informasi dari tuturan langsung tentang topik tertentu · pokok-pokok isi informasi | · Mendengarkan informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung (Misalnya tentang Transportasi : andong, delman, bajaj, jukung, bendi, dll.)* · Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. · Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara runtut dan jelas · Mendiskusikan isi informasi | · Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung · Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. · Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis secara runtut dan jelas | Jenis Tagihan: · pertanyaan lisan · tugas individu Bentuk Intrumen: · jawaban singkat · unjuk kerja · format pengamatan | 2 | · narasumber/ · televisi/ radio/ |
Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan) | Rekaman Informasi atau teks yang dibacakan · pokok-pokok isi informasi · simpulan informasi | · Mendengarkan informasi yang disampaikan melalui rekaman atau teks yang dibacakan * · Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami · Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas | ·Mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan ·Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas ·Menyimpulkan isi informasi yang didengar | Jenis Tagihan : · pertanyaan lisan · bentuk intrumen · jawaban singkat | 2 | · rekaman informasi/ teks yang dibacakan |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik | · Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme) · Kata kunci (saya kurang sependapat... karena..., ) untuk menyampaikan kritik atau dukungan terhadap suatu pendapat atau gagasan | · Membaca artikel · Mendiskusikan persoalan yang menjadi perdebatan umum di masyarakat ( apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakang, dsb.) · Memberikan kritik dengan disertai alasan | · Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya · Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.) · Memberikan kritik dengan disertai alasan | Jenis Tagihan: · praktik · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · artikel dari media cetak/ internet |
10.2 Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik | · Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme) · Kata kunci (saya sependapat... karena..., ) untuk menyampaikan dukungan terhadap suatu pendapat atau gagasan | · Membaca artikel · Mendiskusikan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.) · Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan) | · Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya · Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.) · Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan las an) | Jenis Tagihan: · praktik · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · artikel dari media cetak/ internet |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
11.1 Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai | Buku yang memuat daftar isi · pokok isi informasi · rangkuman isi buku · klausa | · Membaca daftar isi buku · Menentukan salah satu bab dalam daftar isi buku yang merujuk ke halaman · Membaca informasi yang terdapat pada halaman tertentu sesuai dengan yang dirujuk pada daftar isi · Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat · Mendiskusikan rangkuman isi · Mengidentifikasi klausa dalam teks buku | · Mencatat pokok-pokok isi informasi pada halaman bab tertentu yang dirujuk · Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab tertentu) ke dalam beberapa kalimat · Membahas rangkuman yang telah dibuat · Mengidentifikasi klausa dalam teks buku | Jenis Tagihan: · tugas individu · laporan Bentuk Instrumen: · uraian bebas | 4 | · buku yang memuat daftar isi · buku yang terkait dengan tata bahasa |
11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai | · teks / bacaan yang berisi tabel atau grafik · isi tabel/ grafik · merangkum tabel/ grafik | · Membaca teks yang berisi tabel atau grafik · Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat · Menyimpulkan isi tabel/ grafik | · Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat · Merangkum isi informasi dari suatu tabel/ grafik | Jenis Tagihan: · ulangan · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 2 | · media cetak/ internet |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif | Contoh paragraf argumentatif · ciri-ciri paragraf argumentatif · topik paragraf argumentatif · kerangka paragraf argumentatif · penggunaan kata penghubung dalam paragraf argumentatif | · Membaca paragraf argumentatif · Mengidentifikasi karekteristik paragraf argumentatif · Menulis paragraf argumentatif · Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraf argumentatif · Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis teman | · Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif · Menyusun kerangka paragraf argumentatif · Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf argumentatif · Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu, dll.) dalam paragraf argumentatif · Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis teman | Jenis Tagihan: · tugas Individu · praktik Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · buku yang berkaitan dengan argumen-tasi · buku yang terkait denga tata bahasa |
12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif | Contoh paragraf persuasif · ciri-ciri paragraf persuasif · topik-topik paragraf persuasif · kerangka paragraf persuasif · penggunaan kata penghubung antarklausa dalam paragraf persuasif | · Membaca paragraf persuasif · Mengidentifikasi karekteristik paragraf persuasif · Menulis paragraf persuasif · Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraf persuasif · Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis teman | · Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian · Menyusun kerangka paragraf persuasif · Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf persuasif · Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraf persuasif · Menyunting paragraf persuasif yang ditulis teman | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · buku yang berkaitan dengan argumen-tasi · buku yang terkait dengan tata bahasa |
12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat | Informasi dari nara- sumber · topik wawancara · daftar pertanyaan · pokok-pokok isi wawancara · penggunaan ejaan dan tanda baca | · Memilih narasumber untuk diwawancarai * · Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) · Melakukan wawancara dengan narasumber · Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara · Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar | · Menentukan topik · Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) · Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara · Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · laporan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · buku pedoman wawancara |
12.4 Menyusun teks pidato | Kalimat pembuka, isi, penutup · syarat-syarat topik · sumber topik · kerangka teks pidato · penggunaan bahasa dalam teks pidato | · Menentukan topik dan tujuan · Menyusun kerangka pidato · Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami · Menyunting teks pidato tulisan teman | · Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami · Menyunting teks pidato tulisan teman | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · uraian bebas | 4 | · buku yang berkaitan dengan pidato · buku EyD |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman | Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung · ciri-ciri cerita rakyat · unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang) · nilai-nilai (budaya, moral, agama) · cara membuat sinopsis · hal-hal yang menarik tentang tokoh | · Mendengarkan rekaman cerita rakyat (penuturan cerita sesuai dengan daerah setempat)* · Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan · Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat · Mengutarakan secara lisan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan memperhatikan pelafalan kata, dan kalimat yang tepat · Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif. · Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis | · Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan · Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat · Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat · Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif · Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · rekaman cerita rakyat, tuturan cerita rakyat · buku cerita rakyat |
13.2 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman | Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung · ciri-ciri cerita rakyat · unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang) · nilai-nilai (budaya, moral, agama) · cara membuat sinopsis · hal-hal yang menarik tentang latar | · Mendengarkan cerita rakyat yang disampaikan secara langsung* · Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan · Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat · Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif. · Mengungkapkan cerita rakyat dalam bentuk sinopsis | · Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan · Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat · Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat · Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif · Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · buku cerita rakyat, tuturan cerita rakyat |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi | Puisi · gambaran penginderaan · gambaran perasaan · gambaran pikiran · penggambaran imajinasi · maksud puisi | · Membaca puisi · Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi) · Melaporkan hasil diskusi · Menanggapi isi laporan diskusi | · Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi) · Mendiskusikan maksud/ makna puisi | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan · uraian bebas | 4 | · buku kumpulan puisi · buku panduan yang terkait |
14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi | Puisi · hubungan isi dengan realitas alam · hubungan isi puisi dengan sosial budaya · hubungan isi puisi dengan masyarakat | · Membaca puisi · Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat) · Melaporkan hasil diskusi · Menanggapi isi laporan diskusi | · Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat) | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan · uraian bebas | 4 | · buku kumpulan puisi · buku panduan yang terkait |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca
15. Memahami sastra Melayu klasik
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik | Karya sastra Melayu klasik · ciri-ciri karya sastra Melayu klasik · unsur-unsur karya sastra Melayu klasik (tema, alur, latar, penokohan, amanat) · ringkasan isi karya sastra Melayu klasik | · Membaca naskah sastra Melayu klasik * · Mengidentifikasi karakteristik karya sastra Melayu Klasik · Mendiskusikan struktur (unsur) karya sastra Melayu Klasik · Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf | · Mengidentifikasi karakteristik karya sastra Melayu klasik · Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik · Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · laporan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · karya satra Melayu klasik |
15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik | Naskah sastra Melayu klasik · nilai-nilai (budaya, moral, agama) | · Mendiskusikan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik * · Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini | · Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik · Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini · Mengartikan kata-kata sulit | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 2 | · karya satra Melayu klasik |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis
16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) | Contoh cerpen · ciri-ciri cerita pendek · syarat topik cerpen · Kerangka cerita pendek · unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) | · Menulis cerpen · Membahas cerpen yang ditulis teman | · Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis cerita pendek · Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa · Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. | Jenit Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · uraian bebas | 4 | · buku kumpulan cerpen |
16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) | Contoh cerpen · ciri-ciri cerita pendek · syarat topik cerpen · kerangka cerita pendek · unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) | · Menulis cerpen · Membahas cerpen yang ditulis teman | · Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis cerita pendek · Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan pelaku, peristiwa, latar · Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. | Jenit Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · uraian bebas | 4 | · buku kumpulan cerpen |
No comments:
Post a Comment