Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 April 2011

FORMAT OBSERVASI DAN PENILAIAN KOMUNIKASI LISAN




FORMAT OBSERVASI DAN PENILAIAN KOMUNIKASI LISAN

NAMA                          :
KELAS/NO. ABS                     :
TANGGAL PENILAIAN            :
KOMPETENSI DASAR             :  Menanggapi siaran atau informasi dari  media   elektronik (berita dan nonberita)



ASPEK


RINCIAN
NILAI

 KURANG

CUKUP
BAIK
 AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)




ISI TANGGAPAN
Sesuai dengan topik berita




Kritis/mendalam/tajam
Ide asli dan aktual
Gagasan  logis dan realistis
Didukung  akasan, bukti serta referensi memadai

SISTEMATIKA
TANGGAPAN
Dibuka dengan  pengantar /latar belakang




Ada   pernyataan utama di awal
Ada  gagasan penjelas / pengembang di tengah  
Ada kesimpulan/penegasan   dan saran di akhir

BAHASA TANGGAPAN
Kalimat efektif dan komunikatif




Diksi tepat, khusus, variatif, baku
Struktur kalimat  tepat dan baku
Artikulasi dan intonasi tepat

ETIKA
Menghargai pendapat orang lain




Tidak emosional
Kata-katanya santun
Sesuai alokasi waktu

JUMLAH SKOR














FORMAT OBSERVASI DAN PENILAIAN KOMUNIKASI LISAN

NAMA                                      :
KELAS/NO. ABS                     :
TANGGAL PENILAIAN                        :
KOMPETENSI DASAR             :  Memperkenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat




ASPEK


RINCIAN
NILAI

 KURANG

CUKUP
BAIK
 AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)


ISI  
Data narasumber lengkap dan    proporsional sesuai kebutuhan




Data narasumber akurat
Data narasumber aktual

SISTEMATIKA

Dibuka dengan kata pembuka




Menggunakan urutan topik   
Berpola : penting ke tidak penting, umum ke khusus
Diakhiri dengan kata penutup

BAHASA  
Kalimat efektif dan komunikatif




Diksi tepat, khusus, variatif, baku
Struktur kalimat  tepat dan baku
Artikulasi dan intonasi tepat
Bergaya bahasa /kiasan

ETIKA  DAN EKSPRESI
Tatapan mata merata dan teratur




Mimik penuh ekspresif
Percaya Diri
Sesuai alokasi waktu

JUMLAH SKOR
















RUBRIK PENILAIAN MENULIS PUISI LAMA (SYAIR DAN PANTUN)

NAMA                                      :
KELAS/NO. ABS                     :
TANGGAL PENILAIAN                        :
KOMPETENSI DASAR             :  Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait,  irama, dan rima




ASPEK


RINCIAN
NILAI

 KURANG

CUKUP
BAIK
 AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)


ISI
Selaras dengan tema




Mengandung pesan  aktual
Sesuai dengn  jenisnya
Utuh dan tuntas

SAMPIRAN
(untuk pantun)
Orisinal dan kreatif




Mencerminkan wawasan budaya, geografi, social yang luas




Tidak terlepas dari isi






DIKSI DAN GAYA BAHASA
Mencerminkan perbendaharaan kata  yang kaya




Bervariatif dan  sesuai konteks
Menggunakan kata kiasan, unik, simbolis
Bergaya bahasa secara variatif

RIMA
Berima sesuai kriteria




Terpola secara teratur
Berirama secara  variatif

STRUKTUR BARIS DAN BAIT
Tersusun sesuai aturan




Terpola secara teratur dan  konsisten

JUMLAH SKOR














 BLANGKO OBSERVASI  KINERJA INDIVIDU
DALAM DISKUSI KELOMPOK

NAMA                                      :
KELAS/NO. ABS                     :
TANGGAL PENILAIAN                        :
KOMPETENSI DASAR             :  Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari  berbagai berita, artikel, atau buku) 



ASPEK


RINCIAN

NILAI

KURANG

CUKUP
BAIK
AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)



PARTISIPASI  DAN SIKAP DIRI
Terlibat  secara aktif  dan penuh inisiatif




Prosedural dan kooperatif terhadap aturan main
Memperhatikan dan menghargai   pendapat orang lain

BAHASA

Runtut, terstruktur dengan baik




Komunikait   (mudah dipahami)
Efektif (singkat dan jelas)
Diksi variatif dan tepat konteks


KUALITAS PENDAPAT /
GAGASAN
Pembicaraan   tidak menyimpang dari topik dan menyasar ke substansi persoalan




Gagasan    orisinal dan kreatif (tidak meniru)
Usulan  disertai alasan /bukti pendukung
Konsisten atas pendapatnya sendiri

JUMLAH SKOR









Administrasi PBM, Bahasa Indonesia SMA X, RPP Bahasa Indonesia  SMA X, Bahasa Indonesia  SMA X RPP,


No comments: