UNIT 4 LINGKUNGAN (halaman s.d. )
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 10
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca |
KOMPETENSI DASAR | Mengidentifikasi ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif |
INDIKATOR | Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat Mengidentifikasi fakta dan pendapat |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 x pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN DAN MATERI POKOK
TUJUAN | Siswa mampu mengidentifikasi ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif Siswa mampu mengindetifikasi kalimat fakta dan pendapat dalam teks nonsastra |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks nonsastra dari berbagai sumber Ide pokok tiap paragraf dari berbagai sumber Perbedaan kalimat fakta dan opini Ringkasan isi teks nonsastra |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru memperlihatkan foto kerusakan lingkungan, misal hutan yang telah gundul akibat penebangan liar Siswa diminta tanggapannya atas foto tersebut: apa yang terjadi, siapa yang melakukan, mengapa bisa terjadi, dan bagaimana dampaknya |
INTI | Pertemuan ke-1 (40’) |
Guru menjelaskan batasan, tujuan, dan fungsi membaca ekstentif Siswa membaca koran secara ekstensif dan mengidentifikasi topik-topik beritanya Siswa membaca beberapa koran dan secara berkelompok mengidentifikasi berita-berita bertopik sama Siswa berdiskusi untuk membandingkan perbedaan informasi berita-berita bertopik sama dari sumber berbeda dan mempresentasikannya | |
Pertemuan ke-2 {90’) | |
Siswa mengidentifikasi ide-ide pokok paragraf artikel/berita yang telah dibacanya secara ekstensif Guru menjelaskan perbedaan kalimat fakta dan opini/pendapat dalam artikel Siswa mengidentifikasi kalimat-kalimat fakta dan opini yang terdapat dalam artikel/berita koran | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal kuis uji teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari Guru menyampaikan dan menjelaskan kepada siswa tugas Geladi Mandiri mengkliping kalimat-kalimat fakta dan pendapat dari koran Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran |
SUMBER BELAJAR
v | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa karya Henry Guntur Tarigan terbitan Angkasa 1994 halaman 31-34 |
| Material: VCD, kaset, poster | |
V | Mediacetak dan elektronik | Koran-koran beredisi sama dan artikel-artikel bertopik sama |
| Website internet | |
| Narasumber | |
| Model peraga | |
v | Lingkungan | Lingkungan alam sekitar yang telah rusak |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan |
v | Tes Tertulis | |
v | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk membaca ekstensif koran-koran beredisi sama Tugas kelompok mengidentifikasi artikel/berita bertopik sama Tugas untuk mengidentifiksasi ide-ide pokok artikel/berita koran Tugas untuk mengidentifikasi kalimat fakta dan pendapat dalam artikel/berita koran | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | |
No comments:
Post a Comment