UNIT 3 KESEHATAN (halaman s.d. )
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 7
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) |
KOMPETENSI DASAR | Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif |
INDIKATOR | Menjelaskan pola pengembangan paragraph naratif Menyusun dan mengembangkan kerangka karangan yang dibangun dengan paragraph-paragraf Menulis karangan naratif dengan menerapkan istilah bidang kesehatan secara tepat Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 x pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu mengungkapkan gagasan dengan menulis karangan /paragraf naratif dengan pola urutan waktu dan tempat |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Definisi dan karakteristik paragraf naratif Beberapa contoh paragraf naratif Pola pengembangan paragraf naratif (urutan waktu, tempat) Kerangka karangan naratif Kata-kata kajian dan istilah khusus bidang kesehatan Penggunaan kata ulang dalam paragraf naratif |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
V | Diskusi Kelompok | |
V | Inquari | |
V | Tanya Jawab | |
V | Penugasan | |
Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru menanyakan siswa yang pada hari itu tidak masuk karena sakit. Guru meminta siswa relawan men-sharing-kan pengalamannya pada saat sakit secara kronologis Guru mengajak siswa mensyukuri anugerah kesehatan sehingga tetap bisa menjalankan aktivitas. |
INTI | Pertemuan ke-1 (45’) |
Guru membacakan sebuah karangan singkat yang dikembangkan dengan pola urutan waktu dan tempat Guru menyebutkan dan menjelaskan sekilas macam-macam bentuk karangan (narasi, deksripsi, eksposisi, dll) Siswa mengidentifikasi jenis karangan yang dibacakan guru di atas Siswa membaca beberapa teks paragraf naratif dan mengidentifikasi struktur / pola waktu dan tempatnya Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan ciri-ciri paragraf naratif Siswa menyusun kerangka karangan naratif dan menginventaris data-data latar waktu dan tempatnya | |
Pertemuan ke-2 (90’) | |
Siswa menyusun karangan naratif dengan pola urutan waktu dan tempat Siswa menginventaris kata-kata ulang dalam karangannya. Siswa mengedit tulisan karangan sendiri dan memperbaikinya Siswa memperkaya perbendaharaan istilah bidang kesehatan dengan mengisi TTS | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview dan mengukur penguasaan siswa atas konsep-konsep penting tentang paragraf naratif yang telah dipelajari Guru mendorong siswa untuk terus berlatih menulis Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran |
SUMBER BELAJAR
Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah tahun 1990 halaman | |
Material: VCD, kaset, poster | ||
Mediacetak dan elektronik | Beberapa artikel koran bertopik kesehatan | |
Website internet | ||
Narasumber | ||
Model peraga | Contoh karangan naratif terpilih karya siswa tahun sebelumnya | |
Lingkungan |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
Tes Tertulis | ||
Observasi Kinerja/Demontrasi | ||
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | ||
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Tugas siswa untuk menulis karangan naratif Tugas untuk mengidentifikasi paragraf naratif dan yang bukan Tugas untuk menginventaris dan mengidentifikasi kata-kata ulang dalam karangannya. Tugas untuk mengisi TTS tentang kesehatan | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik penilaian karangan naratif (terlampir dibawah) |
No comments:
Post a Comment