BAHASAA INDONESIA X SILABUS 1
SILABUS
KELAS X SEMESTER 1
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita) | Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita · Pokok-pokok isi berita · penangapan isi berita | · Mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: Gunung Merapi Yogyakarta, gempa dan tsunami Aceh)* · Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat · Menyampaikan secara lisan isi berita · Mendiskusikan isi berita | · Menuliskan isi siaran radio/ televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. · Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas · Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat) | Jenis Tagihan: · tugas individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan · uraian bebas · pilihan ganda · isian singkat | 4 | · radio/ tape/ televisi/ kaset rekaman |
1.2 Mengidentifi- kasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampai- kan secara langsung/ melalui rekaman | Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita) · unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, amanat) · unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya) | · Mendengarkan cerita daerah tertentu (Misalnya: Si Kabayan, Roro Jonggrang, Malin Kundang)* · Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik · Menyampaikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik · Diskusi dan tanya jawab | · Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) · Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) · Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman | Jenis Tagihan: · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · isian singkat | 4 | · kaset rekaman cerita · buku cerita |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat | Contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi · penggunaan sapaan · penggunaan diksi · penggunaan struktur kalimat | · Mengamati moderator atau pembawa acara dalam diskusi atau suatu kegiatan langsung atau tak langsung langsung (dilakukan di rumah, di kelas, atau di luar kelas) · Berperan sebagai moderator atau pembawa acara untuk memperkenalkan diri sendiri dan pembicara dalam diskusi. · Menanggapi kekurangan pada pengucapan kalimat perkenalan | · Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton · Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat · Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman · Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai | Jenis Tagihan: · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku teks yang terkait · media cetak/ elektronik · tuturan langsung |
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) | Teks berita, artikel, buku yang berisi informasi aktual (misalnya, AIDS/HIV, SARS, bencana alam) · penentuan masalah dalam berita · daftar kata sulit dan maknanya | · Mencari artikel, atau buku yang berhubungan dengan lingkungan daerah masing-masing (misalnya, Folio, SARS, atau bencana alam yang terkait dengan daerah setempat)* · Membaca berita, artikel atau buku. · Mengidentifikasi masalah dalam artikel · Mendiskusikan masalah · Melaporkan hasil diskusi | · Mencatat masalah dari berbagai sumber · Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku · Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan · Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan · membahas maknanya | Jenis Tagihan: · praktik · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · media massa/ koran/ majalah/ internet |
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat | Cerita pengalaman (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb.) · penggunaan diksi (pilihan kata) · penggunaan intonasi, jeda, dan ekspresi | · Secara bergiliran siswa bercerita pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, atau mengharukan)* dengan menggunakan: - pilihan kata dan ekspresi secara tepat. - Menggunakan kosakata sesuai dengan situasi dan konteks. · Membahas pengalaman yang diceritakan | · Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat · Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan | Jenis Tagihan: · praktik · tugas individu Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku cerita lucu/ kaset cerita · pengalaman langsung |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit) | Membaca cepat · teks nonsastra · teknik membaca cepat · rumus membaca cepat · fungsi membaca cepat | · Membaca cepat teks tentang kesenian daerah (lenong, wayang golek, ketoprak, dll) · Menemukan ide pokok paragraf dalam teks · Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat. · Membahas ide pokok dan ringkasan isi | · Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit · Menemukan ide pokok paragraf dalam teks · Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut | Jenis Tagihan: · tugas individu · ulangan · praktik Bentuk Tagihan: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · media massa/ koran/ majalah/ internet · buku yang berkaitan dengan budaya setempat |
3.2 Mengidentifi- kasi ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif | Teks nonsastra dari berbagai sumber · ide pokok tiap paragraf · ide pokok dari berbagai sumber · fakta dan opini · ringkasan isi | · Membaca teks berita/ artikel (lenong, wayang golek, ketoprak, randai, dll)* · Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf · Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas · Mendiskusikan ide pokok dan ringkasan isi | · Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf · Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat · Mengidentifikasi fakta dan pendapat | Jenis Tagihan: · tugas kelompok · tugas individu · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · media massa/ koran/ majalah/ internet |
Catatan :
· jumlah jawaban yang benar x 100%
jumlah soal
jumlah kata yang dibaca x % pemahaman bacaan = jumlah kata per menit
waktu tempuh baca (detik)
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif | Paragraf naratif · contoh paragraf naratif · pola pengembangan paragraf naratif (urutan waktu, tempat) · ciri/ karakteristik paragraf naratif · kerangka paragraf naratif · penggunaan kata ulang dalam paragraf naratif | · Membaca paragraf naratif. · Mengidentifikasi struktur paragraf naratif · Menulis paragraf naratif · Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif · Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman · Mendiskusikan paragraf naratif | · Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif · Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa · Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif · Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD · Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif | Jenis Tagihan: · tugas Individu · praktik · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · buku teks yang terkait dengan naratif · buku EyD |
4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif | Paragraf deskriptif · contoh paragraf deskriptif · pola pengembangan paragraf deskripsi · ciri/ karakteristik · paragraf deskriptif · Kerangka paragraf deskriptif · contoh penggunaan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif | · Membaca paragraf deskripsi · Mengidentifikasi karakteristik paragraf deskriptif · Menulis paragraf deskriptif · Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif · Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis teman · Mendiskusikan paragraf deskriptif | · Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan · Menyusun kerangka paragraf deskriptif · Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif · Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif · Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis teman | Jenis Tagihan: · tugas individu · praktik · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · buku yang terkait dengan deskripsi · buku EyD |
4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif | · contoh paragraf ekspositif · pola pengembangan paragraf ekspositif · contoh penggunaan kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif · penggunaan kata penghubung dalam paragraf | · Membaca paragraf ekspositif · Mengidentifikasi karekteristik paragraf ekspositif · Menulis paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat · Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif · Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis teman · Mendiskusikan paragraf eksposistif | · Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif · Menyusun kerangka paragraf ekspositif · Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat · Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif · Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis teman | Jenis Tagihan: · tugas individu · praktik · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · buku yang terkait dengan eksposisi · buku EyD |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | Rekaman puisi atau pembacaan langsung · majas, · irama · kata-kata konotasi · Kata-kata bermakna lambang | · Mendengarkan puisi · Mendiskusikan unsur-unsur bentuk puisi tersebut · Melaporkan hasil diskusi | · Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang) · Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan · Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang | Jenis Tagihan: · praktik · tugas kelompok · tugas individu · laporan · ulangan Bentuk instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · rekaman puisi/ tape · puisi yang dibacakan |
5.2 Mengungkap- kan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | Rekaman puisi yang berjenis tertentu atau yang dibacakan · jenis puisi · isi puisi · tema · maksud puisi | · Mendengarkan puisi · Mengidentifikasi jenis puisi · Mendiskusikan isi puisi · Melaporkan hasil diskusi | · Menyebutkan tema puisi yang didengar · Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.) · Menjelaskan maksud puisi · Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri | Jenis Tagihan: · praktik · tugas Kelompok · laporan · ulangan Bentuk instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · rekaman puisi/ tape · puisi yang dibacakan |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
6.1 Mengemuka- kan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi | Naskah cerita pendek · isi cerpen · hal yang menarik · unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) · penggunaan kalimat langsung/ tidak langsung | · Membaca cerita pendek · Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri · Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari karya tersebut · Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca · Melaporkan hasil diskusi · Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung | · Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri · Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan · Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca. · Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen | Jenis Tagihan: · praktik · tugas individu · tugas kelompok Bentuk instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan · uraian bebas | 4 | · buku kumpulan cerpen/ · media massa/ internet |
6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi | Naskah cerita pendek · nilai budaya · nilai moral · nilai agama · nilai politik | · Membaca cerita pendek · Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen · Melaporkan hasil diskusi | · Menemukan nilai-nilai dalam cerpen · Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari · Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen | Jenis Tagihan: · tugas Kelompok · laporan · praktik Bentuk instrumen: · unjuk kerja · uraian bebas | 4 | · buku kumpulan cerpen/ · media massa/ internet |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat | Puisi · lafal · tekanan · intonasi · jeda · pemenggalan kata, frasa | · Membacakan puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi · Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi · Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat | · Membaca puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi · Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi · Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat | Jenis Tagihan: · praktik · tugas individu · tugas kelompok Bentuk Instrumen: · unjuk kerja · format pengamatan | 4 | · buku kumpulan puisi/ internet/ · media massa |
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari | Naskah cerpen · unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) | · Membaca cerpen · Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca · Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari | · Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca · Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari | Jenis Tagihan: · tugas Individu · tugas kelompok · ulangan Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda · jawaban singkat | 4 | · buku kumpulan cerpen/ · media massa/ internet |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat |
8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | Contoh puisi lama (pantun, syair) · bait · irama · rima · perbedaan pantun dengan syair | · Membaca puisi lama (pantun, syair) · Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima · Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima · Menyunting puisi lama (pantun/ syair) yang dibuat teman | · Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima · Membedakan bentuk pantun dan syair · Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima · Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman | Jenis Tagihan: · tugas individu · produk Bentuk Instrumen: · uraian bebas | 4 | · buku kumpulan puisi lama · Internet/ media massa |
8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | Contoh puisi baru · ciri-ciri puisi baru · bait · rima · irama | · Membaca puisi baru · Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima · Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima · Menyunting puisi baru yang dibuat teman | · Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima · Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima · Menyunting puisi baru yang dibuat teman | Jenis Tagihan: · tugas individu · produk Bentuk Instrumen: · uraian bebas · pilihan ganda | 4 | · buku kumpulan puisi / · internet/ · media massa |
Mengetahui, ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan ………………………….. Guru Mata Pelajaran Geografi
__________________________ _____________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment