06 April 2011

Bahasa Indonesia SMA X Silabus 1



BAHASAA INDONESIA X SILABUS 1
SILABUS

KELAS X SEMESTER 1

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
                                             1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
1.1   Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita) 




Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·   Pokok-pokok isi berita
·   penangapan isi berita




·      Mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: Gunung Merapi Yogyakarta, gempa dan tsunami Aceh)*
·      Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat
·      Menyampaikan secara lisan isi berita
·      Mendiskusikan isi berita

·   Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·   Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis  secara runtut dan jelas
·   Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      tugas kelompok
·      ulangan


Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
·      isian singkat
4












·   radio/ tape/
     televisi/
     kaset
     rekaman

1.2  Mengidentifi-
       kasi unsur  
       sastra (intrinsik
      dan ekstrinsik)  
      suatu cerita
      yang disampai- 
      kan secara 
      langsung/ melalui
    rekam­an   
Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
·  unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, amanat)
·  unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)

·  Mendengarkan cerita daerah tertentu (Misalnya: Si Kabayan, Roro Jonggrang, Malin Kundang)*
·  Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik
·  Menyampaikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik
·  Diskusi dan tanya jawab
·   Menyampaikan  unsur-unsur intrinsik  ( tema, penokohan, konflik,  amanat, dll.)
·   Menyampaikan unsur-unsur  ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.)
·   Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman

Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    isian singkat
4
·      kaset rekaman cerita

·      buku cerita
SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Berbicara
2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

Kompetensi
Dasar
Materi
 Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat



Contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi
·  penggunaan sapaan
·  penggunaan diksi
·  penggunaan struktur kalimat





·   Mengamati  moderator atau pembawa acara  dalam diskusi atau suatu kegiatan langsung atau tak langsung langsung (dilakukan di rumah, di kelas, atau di luar kelas)
·   Berperan sebagai moderator atau pembawa acara  untuk memperkenalkan diri sendiri dan pembicara dalam diskusi.
·   Menanggapi kekurangan pada pengucapan kalimat perkenalan

·   Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
·   Menggunakan diksi (pilihan kata)  yang tepat
·   Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
·   Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai

Jenis Tagihan:
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
4







·   buku teks yang terkait

·   media cetak/ elektronik

·   tuturan
    langsung


2.2      Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) 

Teks berita, artikel, buku  yang berisi informasi aktual (misalnya, AIDS/HIV, SARS, bencana alam)
·   penentuan masalah dalam berita
·   daftar kata sulit dan maknanya
·       Mencari artikel, atau buku yang berhubungan dengan  lingkungan daerah masing-masing  (misalnya, Folio, SARS, atau bencana alam yang terkait dengan daerah setempat)*
·      Membaca berita,  artikel atau buku.
·   Mengidentifikasi masalah dalam artikel
·   Mendiskusikan masalah
·   Melaporkan hasil diskusi


·   Mencatat masalah dari berbagai sumber
·   Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
·   Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan
·   Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan
·    membahas maknanya
Jenis Tagihan:
·       praktik
·       tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
4
·      media massa/ koran/ majalah/ internet
2.3  Menceritakan 
       berbagai  
       pengalaman  
       dengan pilihan
       kata dan
       ekspresi yang
     tepat
Cerita peng­alam­an (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb.)
·  penggunaan diksi
   (pilihan kata)
·  penggunaan
   intonasi, jeda, dan
   ekspresi



·      Secara bergiliran siswa bercerita pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, atau mengharukan)*  dengan menggunakan:
-     pilihan kata dan ekspresi secara tepat.
-     Menggunakan kosakata sesuai dengan situasi dan konteks.
·   Membahas pengalaman yang diceritakan
·   Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
·   Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan

Jenis Tagihan:
·      praktik
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
4
·     buku cerita lucu/ kaset cerita

·     pengalaman langsung



SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Membaca
Memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
3.1  Menemukan ide pokok berbagai teks  nonsastra dengan teknik membaca cepat  (250 kata/menit)

Membaca cepat
·   teks nonsastra
·   teknik  membaca cepat 
·   rumus membaca cepat
·   fungsi membaca cepat
·   Membaca cepat teks tentang kesenian daerah (lenong, wayang golek, ketoprak, dll)
·   Menemukan ide pokok paragraf dalam teks
·   Membuat ringkasan isi  teks dalam beberapa kalimat.
·   Membahas ide pokok dan ringkasan isi

·   Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
·   Menemukan ide pokok
    paragraf dalam teks
·   Membuat ringkasan  isi teks  dalam beberapa kalimat yang runtut
Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      ulangan
·      praktik  

Bentuk Tagihan:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda

4







·      media massa/ koran/ majalah/ internet

·      buku yang berkaitan dengan budaya setempat
3.2 Mengidentifi-
     kasi ide pokok
     teks  nonsastra
     dari berbagai  
     sumber melalui  
     teknik  membaca
     ekstensif  
Teks nonsastra dari berbagai   sumber
·  ide pokok tiap paragraf
·  ide pokok dari berbagai sumber
·  fakta dan opini
·  ringkasan isi
·  Membaca teks berita/ artikel (lenong, wayang golek, ketoprak, randai, dll)*
·      Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf
·      Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas
·      Mendiskusikan ide pokok dan ringkasan isi
·   Mengidentifikasi ide     
    pokok tiap paragraf
·   Menuliskan kembali isi bacaan  secara ringkas dalam beberapa kalimat
·   Mengidentifikasi  fakta dan pendapat 


Jenis Tagihan:
·      tugas kelompok
·       tugas individu
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
4
·      media massa/ koran/ majalah/ internet
Catatan :
·         jumlah jawaban yang benar  x 100%      
jumlah soal

jumlah kata yang dibaca       x % pemahaman bacaan = jumlah kata per menit
waktu tempuh baca (detik)

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Menulis
                                             4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
4.1   Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu  dan tempat dalam bentuk paragraf naratif 



Paragraf naratif
·   contoh paragraf naratif
·   pola pengembangan paragraf naratif (urutan waktu, tempat)
·   ciri/ karakteristik paragraf naratif
·   kerangka paragraf naratif
·   penggunaan kata ulang dalam paragraf naratif

·     Membaca paragraf naratif. 
·     Mengidentifikasi struktur paragraf  naratif
·      Menulis paragraf naratif
·      Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif
·      Menyunting paragraf naratif yang ditulis  teman
·     Mendiskusikan paragraf naratif

·   Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif
·   Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
·   Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
·   Menyunting paragraf naratif yang ditulis  teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD
·   Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif

Jenis Tagihan:
·      tugas Individu
·      praktik
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
4












·      buku teks yang terkait dengan naratif

·      buku EyD



4.2   Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif  

Paragraf deskriptif
·     contoh paragraf deskriptif
·     pola pengembangan paragraf deskripsi
·     ciri/ karakteristik
·     paragraf deskriptif
·     Kerangka paragraf deskriptif
·     contoh penggunaan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
·      Membaca paragraf deskripsi
·      Mengidentifikasi karakteristik paragraf deskriptif
·      Menulis paragraf deskriptif
·      Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
·      Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis  teman
·      Mendiskusikan paragraf deskriptif

·   Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
·   Menyusun kerangka paragraf deskriptif
·   Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf deskriptif  
·   Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
·   Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis  teman
Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      praktik
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
4

·      buku yang terkait dengan deskripsi

·      buku EyD
4.3   Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf  ekspositif 
·         contoh paragraf ekspositif
·         pola pengembangan paragraf ekspositif
·         contoh penggunaan kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
·         penggunaan kata penghubung dalam paragraf


·      Membaca paragraf ekspositif
·      Mengidentifikasi  karekteristik paragraf ekspositif
·      Menulis paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat
·      Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
·   Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis  teman
·      Mendiskusikan paragraf eksposistif
·   Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf ekspositif
·   Menyusun kerangka paragraf ekspositif
·   Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat
·   Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif
·   Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis  teman
Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      praktik
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
4
·      buku yang terkait dengan eksposisi

·      buku EyD




SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           :  Mendengarkan
5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung

Kompetensi
Dasar
Materi
 Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
5.1     Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman  

Rekaman  puisi atau pembacaan langsung
·  majas,
·  irama
·   kata-kata konotasi
·  Kata-kata bermakna   
   lambang




·     Mendengarkan puisi
·     Mendiskusikan unsur-unsur bentuk puisi tersebut
·     Melaporkan hasil diskusi

·     Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
·     Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan
·     Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang


Jenis Tagihan:
·     praktik
·     tugas kelompok
·     tugas individu
·     laporan
·     ulangan

Bentuk instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
4





·      rekaman puisi/ tape

·      puisi yang dibacakan

5.2     Mengungkap-
        kan isi suatu       puisi yang disampaikan  secara langsung ataupun melalui rekaman 
Rekaman puisi yang berjenis tertentu atau yang dibacakan
·       jenis puisi
·       isi puisi
·       tema
·       maksud puisi

·     Mendengarkan puisi
·     Mengidentifikasi jenis puisi
·     Mendiskusikan isi puisi
·     Melaporkan hasil diskusi
·      Menyebutkan  tema puisi yang didengar
·      Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.)
·      Menjelaskan maksud puisi
·      Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri
Jenis Tagihan:
·     praktik
·     tugas Kelompok
·     laporan
·     ulangan

Bentuk instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
4

·      rekaman puisi/ tape

·      puisi yang dibacakan








SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           :  Berbicara
6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan  diskusi       
                                                                                  
Kompetensi
 Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
6.1 Mengemuka-
       kan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek  melalui kegiatan  diskusi 

Naskah cerita pendek
·  isi cerpen
·  hal yang menarik
·  unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)
·  penggunaan kalimat langsung/ tidak langsung


·      Membaca cerita pendek
·      Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
·      Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari karya tersebut
·      Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca
·      Melaporkan hasil diskusi
·      Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung
·      Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
·      Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
·      Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca.
·      Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen

Jenis Tagihan:
·      praktik
·       tugas individu
·      tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·      unjuk kerja
·      format pengamatan
·      uraian bebas
4











· buku kumpulan cerpen/

· media massa/ internet


6.2   Menemukan  nilai-nilai  cerita pendek melalui kegiatan  diskusi 
Naskah cerita pendek
·  nilai budaya
·  nilai moral
·  nilai agama
·  nilai politik
·      Membaca cerita pendek
·      Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
·      Melaporkan hasil diskusi
·      Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
·      Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
·      Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen

Jenis Tagihan:
·      tugas Kelompok
·      laporan
·      praktik

Bentuk instrumen:
·      unjuk kerja
·      uraian bebas
4
· buku kumpulan cerpen/

· media massa/ internet


SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Membaca
7. Memahami  wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan  cerpen
                                                                                     
Kompetensi
 Dasar
Materi
 Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
7.1   Membacakan puisi  dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat

Puisi
·   lafal
·   tekanan
·   intonasi
·   jeda
·   pemenggalan kata, frasa



·      Membacakan  puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
·      Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
·      Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
 
·      Membaca  puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
·      Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
·      Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat
 
Jenis Tagihan:
·      praktik
·      tugas individu
·      tugas kelompok


Bentuk Instrumen:
·      unjuk kerja
·       format pengamatan
4





· buku kumpulan puisi/ internet/

· media massa
7.2   Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
Naskah cerpen
·  unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat)

·      Membaca cerpen
·      Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)  cerita pendek yang telah dibaca
·      Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari

·      Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat)  cerita pendek yang telah dibaca
·      Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari

Jenis Tagihan:
·      tugas Individu
·      tugas kelompok
·       ulangan

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
·      jawaban singkat
4
· buku kumpulan cerpen/

· media massa/ internet




SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : X
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           :  Menulis
                                              8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan  melalui kegiatan menulis  puisi     
                                                                                
Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
8.1   Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima



Contoh puisi lama
(pantun, syair)
·  bait
·  irama
·  rima
·  perbedaan pantun dengan syair





·      Membaca puisi lama (pantun, syair)
·      Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
·      Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
·      Menyunting puisi lama (pantun/ syair) yang dibuat teman

·      Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
·      Membedakan bentuk pantun dan syair
·      Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
·      Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   produk

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
4










·       buku kumpulan puisi lama

·       Internet/ media massa
8.2   Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Contoh puisi baru
·  ciri-ciri puisi baru
·  bait
·  rima
·  irama
·      Membaca puisi baru
·      Mengidentifikasi puisi baru  berdasarkan bait, irama, dan rima
·      Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
·      Menyunting puisi baru  yang dibuat teman

·      Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
·      Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
·      Menyunting puisi baru yang dibuat teman

Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      produk

Bentuk Instrumen:
·      uraian bebas
·      pilihan ganda
4
·      buku kumpulan puisi /

·      internet/
·      media massa
Mengetahui,                                                                                                                                                                                                     ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan …………………………..                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran Geografi

__________________________                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           _____________________________
NIP/NRK.                                                                                                                                                                                                          NIP/NRK.

No comments: