Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 April 2011

Bahasa Indonesia SMA X RPP14




 RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  14

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan

STANDAR KOMPETENSI
Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung

KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan isi suatu       puisi yang disampaikan  secara langsung ataupun melalui rekaman 

INDIKATOR
Menyebutkan  tema puisi yang didengar
Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, satire, dll.)
Menjelaskan maksud puisi
Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri

ALOKASI WAKTU
 3  x  45 menit ( 2 x pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN


MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Rekaman puisi yang berjenis tertentu atau yang dibacakan
jenis puisi
isi puisi
tema puisi
maksud puisi


METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru membacakan penggalan/bait puisi yang menarik dan maknanya  mengundang rasa ingin tahu, misalnya: luka dan bisa kubawa berlari, berlari hingga hilang pedih peri, dan aku lebih tidak peduli, aku ingin hidup seribu tahun lagi.
Guru  mempersilakan siswa  untuk menjelaskan maksud kata-kata dalam penggalan puisi tersebut.
Guru mengajak siswa untuk menyadari ada hal yang tidak biasa dalam bahasa puisi dan memahami makna puisi  dibutuhkan perspektif yang luas dari pembaca



INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
Guru  mengajak siswa untuk mengingat kembali unsur-unsur yang membangun puisi.
Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi sifat-sifat khas bahasa puisi dan jenis-jenis puisi berdasarkan kejelasan maknanya.
Guru menjelaskan pendekatan parafrase sebagai cara menginterpretasikan makna / isi puisi
Siswa menyimak puisi yang dibacakan guru/siswa atau melalui rekaman.
Siswa memparafrasekan puisi yang telah didengarkannya.
Siswa menjawab sejumlah pertanyaan lisan seputar isi puisi.

Pertemuan ke-2 (45’)
Siswa mengerjakan Uji Kompetensi Kelompok.
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan ditanggapi bersama

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal kuis uji teori untuk mereview konsep-konsep penting  tentang  cara memahami isi puisi   yang telah dipelajari
Guru memotivasi siswa untuk semakin gemar membaca puisi sehingga kemampuannya memahami isi puisi semakin baik.
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

 SUMBER BELAJAR


Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Apresiasi Puisi dan Prosa karya Putu Arya Tirtawirya terbitan Nusa Indah tahun 1982 halaman

Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi karya
Liberatus Tengsoe Tjahjono terbitan Nusa Indah tahun 1987 halaman


V
Material: VCD, kaset, poster
VCD pembacaan puisi

Mediacetak dan elektronik
Teks-teks puisi di koran/majalah

Website internet


Narasumber


Model peraga
Siswa peraga  pembaca puisi

Lingkungan


PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


  Tugas untuk memparafrasekan puisi
Daftar pertanyaan lisan dan tertulis  tentang isi puisi

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
  Blangko observasi diskusi kelompok (terlampir di bawah)

No comments: