04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA X RPP10,




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 010 / RPP

 I.        IDENTITAS
       1.    Mata Pelajaran             :    PKn
       2.    Materi Pokok                :    Pemajuan, penghormatan dan pengakuan HAM
       3.    Kelas/Program              :    X
       4.    Pertemuan Minggu ke    :    12
       5.    Alokasi Waktu              :    2 x 45 Menit

II.        STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
       1.    Standar Kompetensi
              3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM
       2.    Kompetensi Dasar
              3.1. Menganalisis upaya pemajuan, dan penegakan HAM

III.    INDIKATOR
1.        Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan pemerintah
2.        Menentukan instumen HAM nasional
3.        Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat

IV.   STRATEGI PEMBELAJARAN     
No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
       1.    Buku Paket PKn Kelas X
       2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
       3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
       4.    Lembar Kerja Siswa

VI.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.    Penilaian Kognitif
       2.    Penilaian Afektif


                                                                                      ........., ........ 20..
Mengetahui                                                                      
Kepala SMA/MA .........                                                      Guru Mata Pelajaran





                                                                                     
NIP.                                                                                 NIP.

No comments: