Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XI RPP12




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 012/RPP

 I.            IDENTITAS
1.    Mata Pelajaran               : PKn
2.    Materi Pokok                  : Hubungan Internasional
3.    Kelas/Program                : XI
4.    Pertemuan Minggu ke      : 14
5.    Alokasi Waktu                : 2 x 45 Menit

II.        STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
4.      Standar Kompetensi
1.    Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional

5.       Kompetensi Dasar
4. 1. Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan
       internasional bagi suatu negara

III.      INDIKATOR
1.    Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
2.    Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional
3.    Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional

IV.      STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-      Memberikan salam siswa
-      Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-        Disiplin
-        Kerja sama
-        Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-        Kerja sama
-        Kesungguhan
-        Disiplin
-        Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-        Pengendalian diri


V.       PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas XI
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3.    Majalah, Koran, dan Internet
4.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
5.    Lembar Kerja Siswa

VI.      PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
          1. Penilaian Kognitif
          2. Penilaian Afektif


                                                                             ........., ........ 20..
Mengetahui            
Kepala SMA/MA .........                                            Guru Mata Pelajaran





                  
NIP.                                                                        NIP.

No comments: