04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XI RPP10




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 010/RPP
I.        IDENTITAS
1.  Mata Pelajaran                   :        PKn
2. Materi Pokok                    :         Penyelenggaraan Pemerintahan yang Tidak
                                                                 Transparan
3. Kelas/Program                  :        XI
4.  Pertemuan Minggu ke                   :        12
5.  Alokasi Waktu                             :        2 x 45 Menit

II.        STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1.     Standar Kompetensi
3.  Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan   bernegara
2.     Kompetensi Dasar
          3.2. Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan

III.      INDIKATOR
1.     Mengidentifikasi dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan.
2.     Menyebutkan contoh perilaku penyelenggaraan pemerintah yang tidak transparan di Indonesia.

IV.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-      Memberikan salam siswa
-      Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-        Disiplin
-        Kerja sama
-        Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-        Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-        Penjelasan materi
-        Tanya jawab
-        Latihan
55’
-        Kerja sama
-        Kesungguhan
-        Disiplin
-        Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-        Pengendalian diri


V.       PERANGKAT PEMBELAJARAN
          1. Buku Paket PKn Kelas XI
          2. UUD 1945 yang Telah Diamandemen
          3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
          4. Lembar Kerja Siswa

VI.      PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
          1. Penilaian Kognitif
          2. Penilaian Afektif


                                                                             ........., ........ 20..
Mengetahui            
Kepala SMA/MA .........                                            Guru Mata Pelajaran





                  
NIP.                                                                        NIP.

No comments: