04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XI RPP8




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 008/RPP

I.     IDENTITAS
1.  Mata Pelajaran         :        PKn
2. Materi Pokok           :        Pemilihan Umum dan Perilaku yang   
                                                      Mendukung Tegaknya Prinsip-Prinsip Demokrasi                                            
3. Kelas/Program         :        XI
4.  Pertemuan Minggu ke         :        9
5.  Alokasi Waktu                    :        2 x 45 Menit

II.    STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1.  Standar Kompetensi
           2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani

2.  Kompetensi Dasar
2.4. Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

III.  INDIKATOR
  1. Menunjukkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
  2. Memberi contoh pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Menjelaskan hakikat Pemilihan Umum, pelaksanaan Pemilihan Umum di Indonesia.
  4. Menunjuk contoh perilaku yang mendukung tegaknya budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.

IV.     STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-        Disiplin
-        Kerja sama
-        Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-        Kerja sama
-        Kesungguhan
-        Disiplin
-        Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-        Pengendalian diri


V.   PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas XI
2.    Majalah, Koran, dan Internet
3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
4.    Lembar Kerja Siswa

VI.  PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.    Penilaian Kognitif
2.    Penilaian Afektif


                                                                             ........, ....... 20..
Mengetahui            
Kepala SMA/MA .........                                                Guru Mata Pelajaran





                  
NIP.                                                                               NIP.

No comments: