There was an error in this gadget
There was an error in this gadget

04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XI RPP1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 001/RPP


I.                     IDENTITAS
          1.       Mata Pelajaran         :        PKn
          2.       Materi Pokok           :        BUDAYA POLITIK
          3.       Kelas/Program         :        XI
          4.       Pertemuan Minggu ke         :        1
          5.       Alokasi Waktu                    :        2 x 45 Menit

II.                    STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
          1.       Standar Kompetensi
               1. Menganalisis budaya politik di Indonesia

          2.       Kompetensi Dasar
               1.1. Mendeskripsikan pengertian budaya politik

III.      INDIKATOR
1.    Mendeskripsikan pengertian budaya politik
2.    Menjelaskan orientasi masyarakat terhadap suatu sistem politik.

IV.      STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-        Disiplin
-        Kerja sama
-        Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-        Kerja sama
-        Kesungguhan
-        Disiplin
-        Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-        Pengendalian diri

V.       PERANGKAT PEMBELAJARAN
          1.       Buku Paket PKn Kelas XI
          2        Media massa (Koran, Majalah, Internet)
          3.       Buku-Buku Sumber yang Relevan
          4.       Lembar Kerja Siswa

VI.      PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
          1.       Penilaian Kognitif
          2.       Penilaian Afektif


                                                                             ..........., .....20..
Mengetahui            
Kepala SMA/MA .........                                            Guru Mata Pelajaran





                  
NIP.                                                                        NIP.

No comments: