Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XI RPP5




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 005/RPP
I.                     IDENTITAS
          1.       Mata Pelajaran         :        PKn
          2.       Materi Pokok           :        Budaya Demokrasi
          3.       Kelas/Program         :        XI
          4.       Pertemuan Minggu ke         :        6
          5.       Alokasi Waktu                    :        2 x 45 Menit

II.                    STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1.    Standar Kompetensi
                 2.         menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani

          2.   Kompetensi Dasar
                2.1. Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi

III.      INDIKATOR
1.     Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi
2.      Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi


IV.      STRATEGI PEMBELAJARAN  
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-        Disiplin
-        Kerja sama
-        Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-        Kerja sama
-        Kesungguhan
-        Disiplin
-        Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-        Pengendalian diri


V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.     Buku Paket PKn Kelas XI
2.     UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3.     Buku-Buku Sumber yang Relevan
4.     Lembar Kerja Siswa
5.     Majalah, koran, dan internet

VI.      PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
          1. Penilaian Kognitif
          2. Penilaian Afektif


                                                                             ........., ....... 20..
Mengetahui            
Kepala SMA/MA .........                                            Guru Mata Pelajaran






NIP.                                                                        NIP.


No comments: