PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN XII SILABUS 2
SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 2
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
Alokasi waktu : 6 X 45 menit
kOMPETENSI DASAR | Materi Pembelajaran | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | JENIS PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
3.1 Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia | Peranan Pers o Pengertian pers o Fungsi pers o perkembangan pers di Indonesia o Peranan Pers dalam masyarakat Demokrasi | · Mengkaji dari berbagai buku sumber mengenai pengertian dan fungsi pers · Menguraikan perkembangan pers di Indonesia · Menganalisis peranan pers di Indonesia | · Menguraikan pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis · Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia · Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 2 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti · UU Pers · UU kemerdekaan mengeluarkan pendapat · Masduki, kebebasan pers dan Kode etik jurnalistik · Buku- buku yang relevan |
kOMPETENSI DASAR | Materi Pembelajaran | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | JENIS PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
3.2 Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia | kode etik jurnalistik o Kode etik o Penyimpang kode etik jurnalistik oleh berbagai media o Upaya-upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers | · Mengkaji Undang-undang, buku, sumber lainnya tentang kode etik jurnalistik · Mengkaji kode etik jurnalistik yang berlaku dalam masyarakat demokratis di Indonesia · Berdiskusi hasil kajian tentang kode etik jurnalkistik, penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media, dan upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers di media cetak dan elektronik | · Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik · Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia · Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media · Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 2 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti · UU Pers · UU kemerdekaan mengeluar-kan pendapat · Masduki, kebebasan pers dan Kode etik jurnalistik · Buku- buku yang relevan |
3.3 Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia | Kebebasan pers dan dampaknya o Manfaat media massa dalam kehidupan sehari-hari. o Dampak dari penyalahgunaan kebebasan pers/media massa | o Mengkritisi berbagai berita, artikel dari media cetak dan elektronik yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik o Mengkaji manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia o Berdiskusi hasil temuan dan kajian tentang dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat Indonesia | · Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia · Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers. | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti · UU Pers · UU Kebebasan Mengeluarkan Pendapat. |
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 2
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 4. Mengevaluasi dampak globalisasi
Alokasi waktu : 10 X 45 menit
kOMPETENSI DASAR | Materi Pembelajaran | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | JENIS PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
4.1 Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | Globalisasi o Proses dan aspek globalisasi o Dampak-dampak globalisasi | o Mengkaji proses dan aspek globalisasi dari berbagai media cetak dan elektronik o Berdiskusi hasil kajian literatur tentang dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | · Mengemukakan proses globalisasi · Mendeskripsikan aspek globalisasi · Mendeskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 2 X 45 | o Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti o Media cetak dan elektronik tentang globalisasi o Buku-buku yang berkaitan tentang globalisasi o Anthony Giddens, Dunia Sedang Berlari. |
kOMPETENSI DASAR | Materi Pembelajaran | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | JENIS PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
4.2 Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia | o pengaruh globalisasi dalam bidang : o ekonomi o social budaya o politik o Hankam o Pengaruh negara lain yang dirasakan Indonesia | o Mengkaji dari berbagai media cetak dan elektronik tentang pengaruh globalisasi terhadap bangsa Indonesia dalam bidang POLEKSOSBUDHANKAM o Berdiskusi hasil kajian tentang contoh-contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia | · Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara o Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 2 X 45 | o Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti o Media cetak dan eletkronik tentang globalisasi o Buku-buku yang berkaitan tentang globalisasi |
4.3.Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia | o implikasi globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia o Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi | o Mengkaji berbagai literatur tentang implikasi globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia o Menyimpulkan dari hasil kajian dan menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi dan menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi. | · Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara · Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi. | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi o Skala sikap | 2 X 45 | o Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti o Media cetak dan eletkronik tentang globalisasi o Buku-buku yang berkaitan tentang globalisasi |
kOMPETENSI DASAR | Materi Pembelajaran | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | JENIS PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
4.4.Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia | Tulisan tentang globalisasi o Langkah-langkah penulisan ilmiah o Sistematika penulisan o Presentasi karya tulis | o Meresensi berita/artikel dari beberapa buku, surat kabar, media elektronik tentang pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bangsa dan negara Indonesia o Menyusun tulisan ilmiah tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia o Mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas dan dikritisi oleh teman-temannya | · Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara · Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi · Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi | · Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) · Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) · Presentasi · Skala sikap | 4 X 45 | o Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti o Media cetak dan eletkronik tentang globalisasi o Buku-buku yang berkaitan tentang globalisasi |
No comments:
Post a Comment