04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XII RPP9




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 009/RPP


I.         IDENTITAS
       1.    Mata Pelajaran             :    PKn
       2.    Materi Pokok                :    Kebebasan Pers dan Dampaknya
       3.    Kelas/Program              :    XII
       4.    Pertemuan Minggu ke    :    14 dan 15
       5.    Alokasi Waktu              :    6 x 45 (6 jam pelajaran)

II.        STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
       1.    Standar Kompetensi
              1.1. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
       2.    Kompetensi Dasar
              2.1. Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia

III.    INDIKATOR
       1.    Menunjukan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers
       2.    Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia

IV.   STRATEGI PEMBELAJARAN
      
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerja sama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
       1.    Buku Paket PKn Kelas XII
       2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
       3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
       4.    Lembar Kerja Siswa

VI.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.    Penilaian Kognitif
       2.    Penilaian Afektif


                                                                                      ........., .......... 20..
Mengetahui                                                                      
Kepala SMA/MA                                                                 Guru Mata Pelajaran





                                                                                     
NIP.                                                                                 NIP.


No comments: