Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XI RPP3,




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 003/RPP

I.                     IDENTITAS
          1.       Mata Pelajaran         :        PKn
          2.        Materi Pokok                    :         Budaya Politik yang Berkembang di Indonesia
          3.       Kelas/Program         :        XI
          4.       Pertemuan Minggu ke         :        3
          5.       Alokasi Waktu                    :        2 x 45 Menit

II.                    STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia

          2. Kompetensi Dasar
               1.3. Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik

III.      INDIKATOR
1.    Menganalisis budaya politik yang berkembang di Indonesia.
2.     Menjelaskan pendapat para pakar tentang perkembangan budaya politik di Indonesia.

IV.      STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-        Disiplin
-        Kerja sama
-        Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-        Kerja sama
-        Kesungguhan
-        Disiplin
-        Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-        Pengendalian diri

V.       PERANGKAT PEMBELAJARAN
          1.       Buku Paket PKn Kelas XI
          2.       Majalah, Koran, dan Internet
          3.       Buku-Buku Sumber yang Relevan
          4.       Lembar Kerja Siswa

VI.      PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
          1.       Penilaian Kognitif
          2.       Penilaian Afektif


                                                                             .........,  ........ 20..
Mengetahui            
Kepala SMA/MA .........                                            Guru Mata Pelajaran




NIP.                                                                        NIP.

No comments: