04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA X RPP13,




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 013 / RPP


 I.        IDENTITAS
       1.    Mata Pelajaran             :    PKn
       2.    Materi Pokok                :    Dasar negara dan konstitusi
       3.    Kelas/Program              :    X
       4.    Pertemuan Minggu ke    :    16
       5.    Alokasi Waktu              :    2 x 45 Menit

II.        STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
       1.    Standar Kompetensi
              4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

       2.    Kompetensi Dasar
       4.1. Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi

III.    INDIKATOR
1.        Mendeskripsikan pengertian dasar negara
2.        Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
3.        Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
4.        Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara

IV.   STRATEGI PEMBELAJARAN     
No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
       1.    Buku Paket PKn Kelas X
       2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
       3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
       4.    Lembar Kerja Siswa

VI.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.    Penilaian Kognitif
       2.    Penilaian Afektif


                                                                                      ........., ......... 20..
Mengetahui                                                                      
Kepala SMA/MA .........                                                      Guru Mata Pelajaran





                                                                                     
NIP.                                                                                 NIP.

No comments: