Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA X RPP3,




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 003 / RPP


I.         IDENTITAS
       1.    Mata Pelajaran             :    PKn
       2.    Materi Pokok                :    Pengertian, fungsi dan tujuan negara
       3.    Kelas/Program              :    X
       4.    Pertemuan Minggu ke    :    3
       5.    Alokasi Waktu              :    2 x 45 Menit

II.        STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
1.    Standar Kompetensi
              1.  Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

       2.    Kompetensi Dasar
              1.3 Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI

III.    INDIKATOR
1.        Menguraikan pengertian dan fungsi negara
2.        Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
3.        Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

IV.   STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
       1.    Buku Paket PKn Kelas X
       2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
       3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
       4.    Lembar Kerja Siswa

VI.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.    Penilaian Kognitif
       2.    Penilaian Afektif


                                                                                      .........,  ........ 20..
Mengetahui                                                                      
Kepala SMA/MA .........                                                      Guru Mata Pelajaran




NIP.                                                                                 NIP.

No comments: