04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA X Silabus 2




Pendidikan Kewarganegaraan X Semester 2
SILABUS

Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                             : X
Semester                        : 2
Standar Kompetensi        : 4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi
Alokasi Waktu                : 10 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
4.1 Mendeskripsikan hubungan   dasar negara dengan konstitusi


Dasar negara dan konstitusi
o  Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara
o  Tujuan dan Nilai  konstitusi
o  Keterkaitan Dasar negara dan konstitusi
Mengkaji berbagai literatur tentang pe-ngertian dasar negara dan konsitusi.

Berdiskusi tentang keterkaitan antara dasar negara dengan  konstitusi
·          Mendeskripsikan pengertian dasar negara
·          Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
·          Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi

·          Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara


o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o  Presentasi
4 x 45











· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· J.C.T.Simorangkir, SH., Dr. (1986), Hukum dan Konstitusi Indonesia, Jakarta: PT: Gunung Agung.

4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara
Substansi konstitusi negara
o   Muatan konstitusi negara
o   Klasifikasi konstitusi di Indonesia
o   Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945
Mengkaji beberapa  buku sumber atau literatur tentang unsur-unsur konstitusi

menganalisis substansi konstitusi negara, ciri sebuah konstitusi dan konstitusi Indonesia
·          Menguraikan unsur sebuah konstitusi
·        Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
·         Menganalisis substansi konstitusi Indonesia
o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o  Presentasi

2 x 45


· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· Mimbar Demokrasi, Jurnal Ilmiah, Jurusan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Vol 5, No. 1, Oktober 2005
4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia
o  Pokok pikiran pembukaan UUD 1945
o  Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945
o  Makna setiap alinia dalam pembukaan

Menglkaji UUD 1945 tentang pokok pikiran, makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945

Berdiskusi hasil kajian tentang kedudukan pembukaan terhadap UUD 1945

·          Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
·          Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945

·           Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945




o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o  Presentasi

2 x 45












· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· H. Dahlan Thaib Dr. dkk (1999), Teori dan Hukum Konstitusi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta


4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi  negara



Perkembangan konstitusi Indonesia
o  Periode berlakunya konstitusi
o  Fungsi dan tahapan perubahan UUD 1945
o  Kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan
o   Contoh perilaku positif terhadap konstitusi negara
Mengkaji perubahan UUD 1945 tentang priodesasi konstitusi Indonesia

Mengkaji hasil perubahan UUD 1945 dapat menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi, dan bersikap positif terhadap konstitusi negara
·          Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia
·          Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan.


·          Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi
·          Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o  Presentasi

2 x 45
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· Sekjen Mahkamah Konstitusi RI. (2005). UUD Negera Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta. Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia





Mata Pelajaran               : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                             : X
Semester                        : 2
Standar Kompetensi         : 5. Menghargai  persamaan  kedudukan warga negara dalam berbagai   aspek kehidupan
Alokasi Waktu                : 8 X 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
5.1     Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia






Warga negara dan pewarganegaraan
o   Dasar hukum yang mengatur Warga negara
o   Asas dan stesel dalam kewarganegaraan
o   Syarat menjadi warga negara
o   Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan
Melalui kajian literatur tentang warga negara sesuai hukum yang berlaku


Berdiskusi berbagai kasus kewarganegaraan syarat menjadi warga negara, penyebab kehilangan kewarganegaraan dan asas kewarganegaraan
·          Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945





·          Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara  Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
·          Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum
o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o  Presentasi



4 x 45













·Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

·CT. Kansil (1976), Aku warga negara Indonesia, Jakarta,

·UU tentang Kewarganegaraan
5.2     Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara







persamaan kedudukan warga negara
o   Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara
o   Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara
o   contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara
Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang diatur dalam Undang-undang

mendiskusikan tentang perilaku yang mencerminkan pelaksanaan persamaan kedudukan yang diatur oleh UU yang berlaku
·          Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
·          Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


·          Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

o  Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o  Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o  Presentasi

2 x 45







· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· UUD 1945
5.3. Menghargai persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan
o    ras
o   Agama
o   Gender
o   golongan,
o   budaya, suku
Mendiskusikan tentang persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
·          Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
·          Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku secara garis besar
·          Menghargai persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o   Presentasi

2 x 45
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· Buletin, surat kabar dan sumber lain yang relevan

Mata Pelajaran               : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                             : X
Semester                        : 2
Standar Kompetensi        : 6. Menganalisis sistem politik di Indonesia
Alokasi Waktu                : 12 X 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
6.1 Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia








supra struktur dan infra struktur politik
o  pengertian sistem politik Indonesia
o  cara berpolitik melalui Suprastruktur politik atau lembaga formal negara
o  Infrastruktur kelompok kekuatan politik dalam masyarakat
-     partai politik
-      kelompok kepentingan
-      kelompok penekan
-      media komunikasi politik

Mengkaji literatur tentang pengertian sistem politik Indonesia

Mendiskusikan tentang eksistensi supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia

·          Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia



·          Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia
·          mendeskripsikan infrastruktur politik



o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o   Presentasi


4 X 45











· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· Afan Gafar ( 2002) Civic education, Jakarta, Universitas Islam Negeri
6.2     Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara






sistem politik Indonesia dan sistem politik di berbagai negara
o   Dinamika politik Indonesia
o   Sistem politik di negara Liberal dan negara komunis
Menganalisis berbagai sumber bacaan tentang dinamika politik Indonesia,


Membandingkan sistem politik Indonesia dengan yang berlaku di negara liberal dan komunis


·          Menguraikan dinamika politik Indonesia




·          Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia
·          Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis
o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o   Presentasi


4 X 45










· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· Buku yang relevan, media cetak dan media elektronik
6.3 Menampilkan peran serta  dalam sistem politik di Indonesia


peran serta  dalam sistem politik di Indonesia
o  Ciri masyarakat politik
o   Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
o   Contoh peranserta dalam system politik
Menganalisis berbagai literatur tentang ciri-ciri  masyarakat politik

Mendemontrasikan  perilaku dan berperan aktif dalam sistem politik di Indonesia
·          Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik




·          Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
·          Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu )
·          Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia
o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya)
o   Presentasi



4 X 45
· Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti

· Buku yang relevan, media cetak dan media elektronik




No comments: