Pendidikan Kewarganegaraan X Semester 2
SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | Materi Pembelajaran | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
4.1 Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi | Dasar negara dan konstitusi o Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara o Tujuan dan Nilai konstitusi o Keterkaitan Dasar negara dan konstitusi | Mengkaji berbagai literatur tentang pe-ngertian dasar negara dan konsitusi. Berdiskusi tentang keterkaitan antara dasar negara dengan konstitusi | · Mendeskripsikan pengertian dasar negara · Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara · Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi · Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 4 x 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti · J.C.T.Simorangkir, SH., Dr. (1986), Hukum dan Konstitusi Indonesia, Jakarta: PT: Gunung Agung. |
4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara | Substansi konstitusi negara o Muatan konstitusi negara o Klasifikasi konstitusi di Indonesia o Implementasi dasar negara ke dalam konstitusi atau UUD 1945 | Mengkaji beberapa buku sumber atau literatur tentang unsur-unsur konstitusi menganalisis substansi konstitusi negara, ciri sebuah konstitusi dan konstitusi Indonesia | · Menguraikan unsur sebuah konstitusi · Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu · Menganalisis substansi konstitusi Indonesia | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 2 x 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti · Mimbar Demokrasi, Jurnal Ilmiah, Jurusan Ilmu Sosial Politik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Vol 5, No. 1, Oktober 2005 |
4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia | Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia o Pokok pikiran pembukaan UUD 1945 o Kedudukan Pembukaan dalam UUD 1945 o Makna setiap alinia dalam pembukaan | Menglkaji UUD 1945 tentang pokok pikiran, makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 Berdiskusi hasil kajian tentang kedudukan pembukaan terhadap UUD 1945 | · Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 · Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 · Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 2 x 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti · H. Dahlan Thaib Dr. dkk (1999), Teori dan Hukum Konstitusi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta |
4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara | Perkembangan konstitusi Indonesia o Periode berlakunya konstitusi o Fungsi dan tahapan perubahan UUD 1945 o Kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan o Contoh perilaku positif terhadap konstitusi negara | Mengkaji perubahan UUD 1945 tentang priodesasi konstitusi Indonesia Mengkaji hasil perubahan UUD 1945 dapat menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi, dan bersikap positif terhadap konstitusi negara | · Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia · Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan. · Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi · Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 2 x 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti · Sekjen Mahkamah Konstitusi RI. (2005). UUD Negera Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta. Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia |
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | Materi Pembelajaran | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
5.1 Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia | Warga negara dan pewarganegaraan o Dasar hukum yang mengatur Warga negara o Asas dan stesel dalam kewarganegaraan o Syarat menjadi warga negara o Hal yang menyebabkan kehilangan kewarganegaraan | Melalui kajian literatur tentang warga negara sesuai hukum yang berlaku Berdiskusi berbagai kasus kewarganegaraan syarat menjadi warga negara, penyebab kehilangan kewarganegaraan dan asas kewarganegaraan | · Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945 · Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan · Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 4 x 45 | ·Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti ·CT. Kansil (1976), Aku warga negara Indonesia, Jakarta, ·UU tentang Kewarganegaraan |
5.2 Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara | persamaan kedudukan warga negara o Landasan yang menjamin persamaan kedudukan warga negara o Berbagai aspek persamaan kedudukan setiap warga negara o contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara | Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang diatur dalam Undang-undang mendiskusikan tentang perilaku yang mencerminkan pelaksanaan persamaan kedudukan yang diatur oleh UU yang berlaku | · Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara · Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara · Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 2 x 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti · UUD 1945 |
5.3. Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku | persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan o ras o Agama o Gender o golongan, o budaya, suku | Mendiskusikan tentang persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku | · Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku · Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku secara garis besar · Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya) o Presentasi | 2 x 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti · Buletin, surat kabar dan sumber lain yang relevan |
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : X
Semester : 2
Standar Kompetensi : 6. Menganalisis sistem politik di Indonesia
Alokasi Waktu : 12 X 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | Materi Pembelajaran | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
6.1 Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia | supra struktur dan infra struktur politik o pengertian sistem politik Indonesia o cara berpolitik melalui Suprastruktur politik atau lembaga formal negara o Infrastruktur kelompok kekuatan politik dalam masyarakat - partai politik - kelompok kepentingan - kelompok penekan - media komunikasi politik | Mengkaji literatur tentang pengertian sistem politik Indonesia Mendiskusikan tentang eksistensi supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia | · Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia · Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia · mendeskripsikan infrastruktur politik | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya) o Presentasi | 4 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti · Afan Gafar ( 2002) Civic education, Jakarta, Universitas Islam Negeri |
6.2 Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara | sistem politik Indonesia dan sistem politik di berbagai negara o Dinamika politik Indonesia o Sistem politik di negara Liberal dan negara komunis | Menganalisis berbagai sumber bacaan tentang dinamika politik Indonesia, Membandingkan sistem politik Indonesia dengan yang berlaku di negara liberal dan komunis | · Menguraikan dinamika politik Indonesia · Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia · Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya) o Presentasi | 4 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti · Buku yang relevan, media cetak dan media elektronik |
6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia | peran serta dalam sistem politik di Indonesia o Ciri masyarakat politik o Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan o Contoh peranserta dalam system politik | Menganalisis berbagai literatur tentang ciri-ciri masyarakat politik Mendemontrasikan perilaku dan berperan aktif dalam sistem politik di Indonesia | · Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik · Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan · Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu ) · Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, lainnya) o Presentasi | 4 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti · Buku yang relevan, media cetak dan media elektronik |
No comments:
Post a Comment