PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN XI
SILABUS
Nama Sekolah : SMA/MA ....
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program : XI / IPA-IPS
Semester : Ganjil
Standar Kompetensi : 1. menganalisis budaya politik di Indonesia
No | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber / Bahan / Alat | |
Metode | Bentuk | | | |||||
1.1 1.2 1.3 1.4 | Mendeskripsikan pengertian budaya politik menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik menampilkan peran serta budaya politik partisipan | · Mendeskripsikan pengertian budaya politik · Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk · Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia · Menganalisis budaya politik yang berkembang di Indonesia § Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia | 1.1.1pengertian budaya politik 1.2.1tipe-tipe budaya politik menurut Gabriel A. Almond dan Sidney Verba 1.2.2 tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia 1.3.1 Budaya politik yang berkembang di Indonesia 1.4.1 Budaya Politik Partisipan di Indonesia | § Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian budaya politik § Secara klasikal mendiskusikan tipe-tipe budaya politik menurut Almond dan tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia § Secara kelompok menggali informasi melalui media massa tentang budaya politik yang berkembang di Indonesia § Mempresentasikan hasil temuan dan diskusi kelompok (melalui media power point) § Secara individu mendeskripsikan temuannya mengenai budaya politik partispan di Indonesia | Ulangan Ulangan Tugas kelompok Pengamatan Tugas individu (PR) | Uraian Uraian Laporan diskusi Dan Resume Performance kliping | 1 jam 3 jam 2 jam 2 jam 2 jam | Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis Budaya Politik oleh Almond , Bina Aksara 1984 Bahan Internet Bahan : petunjuk penugasan kelompok dan Artikel dari koran dan internet serta Foto , CD Alat Presentasi: - laptop - infocus Bahan : petunjuk penugasan individu dan Artikel dari koran dan internet serta Foto , CD |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA/MA ....
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program : XI / IPA-IPS
Semester : Ganjil
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
No | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber / Bahan / Alat | |
Metode | Bentuk | | | |||||
2.1 2.2 2.3 2.4 | Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi Megidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari | · Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi · Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi · Mendeskrisikan pengertian masyarakat madani · Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani · Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia § Menunjukkkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari | 2.1.1pengertian budaya demokrasi 2.1.2 prinsip-prinsip budaya demokrasi 2.2.1 Pengertian masyarakat madani 2.2.2 Ciri-ciri masyarakat Madani 2.3.1 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde lama 2.3.2 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde baru 2.3.3 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era reformasi Budaya Demokrasi dalam kehidupan Sehari-hari | § Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian budaya demokrasi § Secara klasikal mendiskusikan prinsip-prinsip budaya demokrasi § Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian masyarakat madani dan mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani § Secara berkelompok menggali iinformasi melalui studi pustaka mengenai pelaksanaan demokrasi di era orde lama § Secara individu melalui media film ”Tragedi Jakarta 1998” menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era Orba dan Reformasi § Secara individu menunjukkan perilaku pada masyarakat Indonesia yang mencermikan budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari | Kuis Ulangan Ulangan Tugas Kelompok Tugas Individu Tugas Individu (PR) | Jawaban singkat Uraian Uraian Laporan Tertulis Laporan hasil analisa & Resume film Kliping | 1 jam 1 jam 2 jam 1 jam 3 jam 2 jam | Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis Demokrasi, HAM dan Masyarakat madani, Tim ICCE UIN Jakarta, 2003 Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis Bahan : petunjuk penugasan kelompok dan Artikel dari koran dan internet VCD Tragedi Jakarta 1998 Alat: Laptop, infocus & speaker aktive Artikel di media cetak, bahan internet Alat: Gunting, lem dan kertas A4 |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru MP PKn
No comments:
Post a Comment