04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XI Silabus 2




PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN XI
SILABUS
Nama Sekolah           : SMA/MA ....
Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program         : XI / IPA-IPS
Semester                  : Ganjil
Standar Kompetensi  : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


No

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi pokok/
Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat
Metode
Bentuk



3.1












3.2



















3.3






Mendeskripsikan pengertian  dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara





menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan















 Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara





·  Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan
·  Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


·  Mengidentifikasi dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan














§ Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari

3.1.1pengertian keterbukaan
3.1.2 pengertian keadilan
3.1.3 Pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara



3.2.1 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di beberapa negara
3.2.2 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di Indonesia








3.3.1 Keterbukaan dan Keadilan Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara




§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang  pengertian keterbukaan dan keadilan

§ Secara klasikal mendiskusikan  alasan pentingnya keterbukaan dan jaminan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


§ Secara kelompok  melalui media film ”The Rules in The World”  menganalisis dampak pemerintahan yang tidak transparan








§  Mempresentasikan hasil temuan dan  diskusi kelompok  (melalui media power point)



§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka dan media internet mengenai kasus-kasus keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara  



Ulangan




Ulangan







Tugas  kelompok











Pengamatan





Tugas Individu







Uraian




Uraian







Laporan diskusi
Dan Resume









Lembar Pengamatan




Laporan tertulis & Kliping





1 jam




1 jam







2 jam












2 jam






2 jam











Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Bahan internet







Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
VCD ”The Rules in The World”
Alat :
- laptop
- infocus
- speaker aktif
Alat :
Laptop & Infocus




Artikel dari media cetak  dan internet
serta
Foto , CD



                                                                                                                               
SILABUS
Nama Sekolah           : SMA/MA ....
Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program         : XI / IPA-IPS
Semester                  : Genap
Standar Kompetensi  : 4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional


No

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi pokok/
Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat
Metode
Bentuk



4.1












4.2




4.3









4.4








Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara






Menjelaskan Tahap-tahap perjanjian internasional

Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional


Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia



·  Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
·  Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional
§ Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional

§ Menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional

§ Menguraikan peranan ASEAN, AA dan PBB dalam meningkatkan hubungan internasional



§ Menunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia

 4.1.1 Pengertian Hubungan Internasional
4.1.2  Peranan Hubungan Internasional
4.1.3 Sarana-sarana hubungan internasional




4.2.1 Tahap-tahap Perjanjian Internasional


4.3.1 Peranan ASEAN
4.3.2 Peranan AA
4.3.3 Peranan PBB





4.4.1 Manfaat Perjanjian-Perjanjian  Internasional yang melibatkan Indonesia 

§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang  pengertian  hubungan internasional
§ Secara klasikal mendiskusikan peranan hubungan internasional dan sarana-sarana dalam  hubungan internasional




§ Secara kelompok  menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional


§ Secara kelompok menggali informasi melalui media cetak dan internet mengenai peranan ASEAN, AA, dan PBB
§ Mempresentasikan hasil temuan 3 kelompok kajian



§ Secara klasikal  menguraikan beberapa contoh perjanjian internasional






Ulangan




Ulangan







Tugas  kelompok



Tugas kelompok








Ulangan








Uraian




Uraian







Resume




Laporan tertulis dalm bentuk power point





Uraian








1 jam




1 jam







1 jjam




2 jam




2 jam




2 jam








Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis

Bahan Internet






Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
Artikel dari koran dan internet
serta
Foto , CD
Alat Presentasi:
- laptop
- infocus

Bahan : petunjuk penugasan individu
dan
Artikel dari koran dan internet
serta
Foto , CD

Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis


SILABUS
Nama Sekolah                       : SMA/MA ....
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program                     : XI / IPA-IPS
Semester                  : Genap
Standar Kompetensi  : 5.  Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional


No

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi pokok/
Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat
Metode
Bentuk



5.1










5.2














5.3








Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional







Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional








Menghargai putusan Mahkamah Internasional






·  Menguraikan   sistem hukum dan oeradilan internasional







§ Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional

§ Menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh Mahkamah internasional



§ Menunjukkan  sikap menghargai putusan Mahkamah Internasional

5.1.1Sistem hukum dan Peradilan Internasional







5.2.1
Penyebab Timbulnya Sengketa Internasional

5.2.2
Peranan Mahkamah Internasional dalam Menyelesaikan Sengketa Internasional

5.3.1 Menghargai Putusan Mahkamah Internasional





§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang  sistem hukum dan peradilan internasional






§ Secara klasikal menngidentifikasi melalui kajian pustaka mengenai sebab-sebab timbulnya sengketa internasional

§  Secara kelompok menggali nformasi melalui media massa dan internet tentang  peranan Mahkamah Internasional dalam menyelesaikan kasus-kasus sengketa internasional


§ Secara kelompok melalui diskusi  menunjukkan  sikap menghargai putusan Mahkamah Internasional (satu contoh kasus sesuai pilihan kelompok dan sekaligus digabung pelaksanaannya pada saat membahas materi  peranan mahkamah internasional)

§ Mempresentasi hasil diskusi kelompok dalam bentuk power point

Ulangan










Ulangan





Tugas  kelompok







Tugas kelompok









Pengamatan

Uraian










Uraian





Laporan diskusi
&  kliping






Laporan tertulis dan kliping








Performance

1 jam










1 jam





2 jam








1 jam










2 jam

Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis

Budaya Politik oleh Almond , Bina Aksara
1984

Bahan Internet




Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
Artikel dari koran dan internet
serta
Foto , CD/VCD Sengketa internasional: kasus Irak, Bosnia, Afghanistan, dll



Alat Presentasi:
- laptop
- infocus


Mengetahui,                                                                                                                                         
Kepala Sekolah                                                                                                                                     Guru MP PKn



                                                                                                                                                           
NIP.                                                                                                                                                      NIP.                                                     

No comments: