PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN XI
SILABUS
Nama Sekolah : SMA/MA ....
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program : XI / IPA-IPS
Semester : Ganjil
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
No | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber / Bahan / Alat | |
Metode | Bentuk | | | |||||
3.1 3.2 3.3 | Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | · Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan · Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara · Mengidentifikasi dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan § Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari | 3.1.1pengertian keterbukaan 3.1.2 pengertian keadilan 3.1.3 Pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 3.2.1 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di beberapa negara 3.2.2 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di Indonesia 3.3.1 Keterbukaan dan Keadilan Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara | § Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian keterbukaan dan keadilan § Secara klasikal mendiskusikan alasan pentingnya keterbukaan dan jaminan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara § Secara kelompok melalui media film ”The Rules in The World” menganalisis dampak pemerintahan yang tidak transparan § Mempresentasikan hasil temuan dan diskusi kelompok (melalui media power point) § Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka dan media internet mengenai kasus-kasus keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | Ulangan Ulangan Tugas kelompok Pengamatan Tugas Individu | Uraian Uraian Laporan diskusi Dan Resume Lembar Pengamatan Laporan tertulis & Kliping | 1 jam 1 jam 2 jam 2 jam 2 jam | Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis Bahan internet Bahan : petunjuk penugasan kelompok dan VCD ”The Rules in The World” Alat : - laptop - infocus - speaker aktif Alat : Laptop & Infocus Artikel dari media cetak dan internet serta Foto , CD |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA/MA ....
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program : XI / IPA-IPS
Semester : Genap
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
No | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber / Bahan / Alat | |
Metode | Bentuk | | | |||||
4.1 4.2 4.3 4.4 | Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara Menjelaskan Tahap-tahap perjanjian internasional Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia | · Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional · Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional § Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional § Menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional § Menguraikan peranan ASEAN, AA dan PBB dalam meningkatkan hubungan internasional § Menunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia | 4.1.1 Pengertian Hubungan Internasional 4.1.2 Peranan Hubungan Internasional 4.1.3 Sarana-sarana hubungan internasional 4.2.1 Tahap-tahap Perjanjian Internasional 4.3.1 Peranan ASEAN 4.3.2 Peranan AA 4.3.3 Peranan PBB 4.4.1 Manfaat Perjanjian-Perjanjian Internasional yang melibatkan Indonesia | § Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian hubungan internasional § Secara klasikal mendiskusikan peranan hubungan internasional dan sarana-sarana dalam hubungan internasional § Secara kelompok menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional § Secara kelompok menggali informasi melalui media cetak dan internet mengenai peranan ASEAN, AA, dan PBB § Mempresentasikan hasil temuan 3 kelompok kajian § Secara klasikal menguraikan beberapa contoh perjanjian internasional | Ulangan Ulangan Tugas kelompok Tugas kelompok Ulangan | Uraian Uraian Resume Laporan tertulis dalm bentuk power point Uraian | 1 jam 1 jam 1 jjam 2 jam 2 jam 2 jam | Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis Bahan Internet Bahan : petunjuk penugasan kelompok dan Artikel dari koran dan internet serta Foto , CD Alat Presentasi: - laptop - infocus Bahan : petunjuk penugasan individu dan Artikel dari koran dan internet serta Foto , CD Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA/MA ....
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program : XI / IPA-IPS
Semester : Genap
Standar Kompetensi : 5. Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional
No | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber / Bahan / Alat | |
Metode | Bentuk | | | |||||
5.1 5.2 5.3 | Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional Menghargai putusan Mahkamah Internasional | · Menguraikan sistem hukum dan oeradilan internasional § Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional § Menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh Mahkamah internasional § Menunjukkan sikap menghargai putusan Mahkamah Internasional | 5.1.1Sistem hukum dan Peradilan Internasional 5.2.1 Penyebab Timbulnya Sengketa Internasional 5.2.2 Peranan Mahkamah Internasional dalam Menyelesaikan Sengketa Internasional 5.3.1 Menghargai Putusan Mahkamah Internasional | § Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang sistem hukum dan peradilan internasional § Secara klasikal menngidentifikasi melalui kajian pustaka mengenai sebab-sebab timbulnya sengketa internasional § Secara kelompok menggali nformasi melalui media massa dan internet tentang peranan Mahkamah Internasional dalam menyelesaikan kasus-kasus sengketa internasional § Secara kelompok melalui diskusi menunjukkan sikap menghargai putusan Mahkamah Internasional (satu contoh kasus sesuai pilihan kelompok dan sekaligus digabung pelaksanaannya pada saat membahas materi peranan mahkamah internasional) § Mempresentasi hasil diskusi kelompok dalam bentuk power point | Ulangan Ulangan Tugas kelompok Tugas kelompok Pengamatan | Uraian Uraian Laporan diskusi & kliping Laporan tertulis dan kliping Performance | 1 jam 1 jam 2 jam 1 jam 2 jam | Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis Budaya Politik oleh Almond , Bina Aksara 1984 Bahan Internet Bahan : petunjuk penugasan kelompok dan Artikel dari koran dan internet serta Foto , CD/VCD Sengketa internasional: kasus Irak, Bosnia, Afghanistan, dll Alat Presentasi: - laptop - infocus |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru MP PKn
No comments:
Post a Comment