Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XI RPP11




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 011/RPP

I.       IDENTITAS
1.  Mata Pelajaran         :        PKn
2. Materi Pokok           :        Sikap Keterbukaan dan Keadilan
3. Kelas/Program         :        XI
4.  Pertemuan Minggu ke         :        13
5.  Alokasi Waktu                    :        2 x 45 Menit

II.        STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1.  Standar Kompetensi
3.  Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.   Kompetensi Dasar
3.3. Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan
       bernegara

III.       INDIKATOR
1.    Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Menjelaskan hak dan kewajiban masyarakat dalam negara.
3.    Menunjukkan perilaku positif terhadap upaya peningkatan jaminan keadilan.

IV.       STRATEGI PEMBELAJARAN       
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-      Memberikan salam siswa
-      Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-        Disiplin
-        Kerja sama
-        Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-        Kerja sama
-        Kesungguhan
-        Disiplin
-        Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-        Pengendalian diri


V.       PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas XI
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3.    Majalah, koran, dan internet
4.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
5.    Lembar Kerja Siswa

VI.     PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
          1. Penilaian Kognitif
          2. Penilaian Afektif


                                                                             ........., ........ 20..
Mengetahui            
Kepala SMA/MA .........                                            Guru Mata Pelajaran





                  
NIP.                                                                        NIP.

No comments: