Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XII RPP2,




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 002/RPP


I.         IDENTITAS
       1.    Mata Pelajaran             :    PKn
       2.    Materi Pokok                :    Nilai-Nilai Pancasila
       3.    Kelas/Program              :    XII
       4.    Pertemuan Minggu ke    :    3
       5.    Alokasi Waktu              :    3 x 45 (3 jam pelajaran)

II.        STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
       1.    Standar Kompetensi
              1.1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
       2.    Kompetensi Dasar
            2.1.  Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

III.    INDIKATOR
       1.    Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
       2.    Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan


IV.   STRATEGI PEMBELAJARAN
      
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerja sama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
       1.    Buku Paket PKn Kelas XII
       2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
       3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan

VI.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.    Penilaian Kognitif
       2.    Penilaian Afektif


                                                                                      .........,........20..
Mengetahui                                                                      
Kepala SMA/MA                                                                 Guru Mata Pelajaran





                                                                                     
NIP.                                                                                 NIP.

No comments: