Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XI RPP7




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 007/RPP


I.        IDENTITAS
1.     Mata Pelajaran               :        PKn
       2.     Materi Pokok                :        Demokrasi di Indonesia     
3.     Kelas/Program              :        XI
4.     Pertemuan Minggu ke    :        8
5.     Alokasi Waktu                :        2 x 45 Menit

II.      STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
    2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani

2. Kompetensi Dasar
2.3. Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi

III.     INDIKATOR
1.    Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia
2.    Menjelaskan prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila
3.     Menganalisis pelaksanaan Demokrasi di Indonesia pada Era Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi.

IV.     STRATEGI PEMBELAJARAN      
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-        Disiplin
-        Kerjasama
-        Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-        Kerjasama
-        Kesungguhan
-        Disiplin
-        Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-        Pengendalian diri


V.      PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.     Buku Paket PKn Kelas XI
2.     Majalah, Koran, dan internet
3.     Buku-Buku Sumber yang Relevan
4.     Lembar Kerja Siswa

VI.     PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.         Penilaian Kognitif
       2.         Penilaian Afektif


                                                                             ........, ....... 20..
Mengetahui            
Kepala SMA/MA .........                                               Guru Mata Pelajaran





                  
NIP.                                                                              NIP.

No comments: