Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA X RPP2,




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 002 / RPP

I.         IDENTITAS
       1.    Mata Pelajaran             :    PKn
       2.    Materi Pokok                :    Negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
       3.    Kelas/Program              :    X
       4.    Pertemuan Minggu ke    :    2
       5.    Alokasi Waktu              :    2 x 45 Menit

II.        STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
       1.    Standar Kompetensi
              1.  Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

       2.    Kompetensi Dasar
              1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan

III.    INDIKATOR
1.        Menganalisis pengertian Negara
2.        Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
3.        Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
4.        Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan

IV.   STRATEGI PEMBELAJARAN     
No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


      
V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
       1.    Buku Paket PKn Kelas X
       2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
       3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan

VI.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.    Penilaian Kognitif
       2.    Penilaian Afektif


                                                                                      ........., ....... 20..
Mengetahui                                                                      
Kepala SMA/MA .........                                                      Guru Mata Pelajaran





NIP.                                                                                 NIP.

No comments: