04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XI RPP2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 002/RPP

I.                     IDENTITAS
          1.       Mata Pelajaran         :        PKn
2.       Materi Pokok           :    1. Tipe-tipe budaya politik menurut  Gabriel A. Almond dan Sidney Verba.
2.  Tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia
          3.       Kelas/Program         :        XI
          4.       Pertemuan Minggu ke         :        2
          5.       Alokasi Waktu                    :        2 x 45 Menit

II.                    STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
          1.       Standar Kompetensi
                1. Menganalisis budaya politik di Indonesia

          2.       Kompetensi Dasar
               1.2  Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia

III.      INDIKATOR
1.      Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk
2.      Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia

IV.      STRATEGI PEMBELAJARAN  
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-        Disiplin
-        Kerja sama
-        Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-        Kerja sama
-        Kesungguhan
-        Disiplin
-        Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-        Pengendalian diri


V.       PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.  Buku Paket PKn Kelas XI
          2.  Majalah, Koran, dan internet
          3.  Buku-Buku Sumber yang Relevan
          4.  Surat kabar, majalah, dan internet.

VI.      PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
          1.       Penilaian Kognitif
          2.       Penilaian Afektif


                                                                             ........., ....... 20..
Mengetahui            
Kepala SMA/MA .........                                            Guru Mata Pelajaran





NIP.                                                                        NIP.

No comments: