04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA X RPP4,




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 004 / RPP


I.         IDENTITAS
       1.    Mata Pelajaran             :    PKn
       2.    Materi Pokok                :    Semangat Kebangsaan
       3.    Kelas/Program              :    X
       4.    Pertemuan Minggu ke    :    4
       5.    Alokasi Waktu              :    2 x 45 Menit

II.        STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
       1.    Standar Kompetensi
              1. Memahami hakekat bangsa dan NKRI

       2.    Kompetensi Dasar
1.4. Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
III.    INDIKATOR
1.        Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
2.        Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
3.        Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
4.        Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia

IV.   STRATEGI PEMBELAJARAN
      
No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
       1.    Buku Paket PKn Kelas X
       2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
       3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
       4.    Lembar Kerja Siswa

VI.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.    Penilaian Kognitif
       2.    Penilaian Afektif


                                                                                      ........., ....... 20..
Mengetahui                                                                      
Kepala SMA/MA .........                                                      Guru Mata Pelajaran





NIP.                                                                                 NIP.

No comments: