04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA X RPP17




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 017/ RPP



 I.        IDENTITAS
       1.    Mata Pelajaran             :    PKn
       2.    Materi Pokok                :    Warga negara dan pewarganegaraan
       3.    Kelas/Program              :    X
       4.    Pertemuan Minggu ke    :    21
       5.    Alokasi Waktu              :    2 x 45 Menit

II.        STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
       1.    Standar Kompetensi
              5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

       2.    Kompetensi Dasar
       5.1. Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia

III.    INDIKATOR
1.        Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945
2.        Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara  Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
3.        Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum


IV.   STRATEGI PEMBELAJARAN     
No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
       1.    Buku Paket PKn Kelas X
       2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
       3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
       4.    Lembar Kerja Siswa

VI.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.    Penilaian Kognitif
       2.    Penilaian Afektif


                                                                                      ........., ......... 20..
Mengetahui                                                                      
Kepala SMA/MA .........                                                      Guru Mata Pelajaran





                                                                                     
NIP.                                                                                 NIP.

No comments: