04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XII Silabus 1




PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN XII SILABUS 1
SILABUS

Mata Pelajaran               : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                             : XII
Semester                        : 1
Program Studi                : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi        : 1.  Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
Alokasi waktu                :  6 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1 Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
Pancasila sebagai ideologi terbuka
o  Makna ideologi negra
o  Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara

o  Fungsi pokok Pancasila
o  Pancasila sebagai ideologi terbuka
· Mengkaji dari berbagai sumber (buku, nara sumber dsb.)  tentang proses perumusan Pancasila sejak sidang BPUPKI sampai dengan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
· Menguraikan fungsi pokok Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
· Membandingkan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
· Berdiskusi hasil penggalian informasi makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
·         Mendeskripsikan makna ideologi negara
·         Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara



·         Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara

·         Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
·         Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
·       Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
·       Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
·       Presentasi







4 X 45

















·       Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·       Undang-Undang Dasar  Republik Indonesia tahun 1945, amandemen I, II, III dan IV, Bandung: Citra Umbara
·       Nugroho Notosusanto (1983), Naskah Prokla-masi yang Otentik dan Rumusan Pancasila yang Otentik, Jakarta: PN Balai Pustaka.




kOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.2  Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

Nilai-nilai Pancasila
o  Pancasila sebagai sumber nilai

o  Pancasila sebagai paradigma pembangunan

· Mengkaji dari beberapa sumber pustaka tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai  paradigma pembangunan.
· Berdiskusi hasil kajian tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan sebagai  paradigma pembangunan
·         Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.



·         Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.

·         Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

·       Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
·       Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
·       Presentasi
2 X 45
·     Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·     UUD 1945
·     Buku-buku sumber yang relevan
·     Buku pelajaran lain
·     Media cetak dan elektronik.
1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

o  Perilaku yang sesuai nilai- nilai Pancasila







o  Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

· Mengidentifikasi berita di media elektronik (TV, internet dsb.) dan artikel dari media cetak (buku, koran, majalah dsb) sehingga  dapat menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila

· Mengamati perilaku masyarakat lingkungannya yang sesuai dengan nilai  Pancasila sebagai  ideologi terbuka (contoh: berani mengemukakan pendapat/demonstrasi)

·      Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila







·      Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.

o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o   Presentasi

2 X 45
·     Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·     Mustafa Kamatl Pasha, B. Ed, (2002) Pendidikan Kewarganegaraan  (Civic Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.
·     Media cetak dan media eletronik
·     Buku-buku sumber yang relevan
·     Buku pelajaran/paket lainnya.


Mata Pelajaran               : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                             : XII
Semester                        : 1
Program Studi                : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi        : 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
Alokasi waktu                : 10 X 45 menit

kOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
Sistem pemerintahan
·     Pengertian Sistem pemerintahan

·     Sistem pemerintahan Presidensial
   dan Parlementer

·     Ciri-ciri sistem pemerintahan Parlementer dan Presidensial.
·     Mengkaji berbagai literatur tentang sistem pemerintahan
·     Mengidentifikasi negara-negara yang menganut sistem Presidensial dan Parlementer
·     Mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
·     Membandingkan dari berbagai aspek, negara-negara yang menganut sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
·     Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan
·     Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
·     Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
·     Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o   Presentasi



4 X 45
·     Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·     Moh. Kusnardi., Harmaily Ibrahim (1993) Pengantar Hukum Tata Negara RI. FHUI.
·     Undang-Undang Dasar  Republik Indonesia tahun 1945, perubahan I, II, III dan IV


kOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
JENIS PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
2.2  Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
sistem pemerintahan Negara Indonesia
o  System pemerintahan menurut UUD 1945 awal kemerdekaan
o  Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 setelah adanya perubahan

·      Mengkaji UUD 1945, dapat menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 pada awal kemerdekaan
·      Mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan
·      Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.

·      Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan
·         Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
·         Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
Presentasi

2 X 45
·      Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·      Jimly Ashieddieqy Sistem pemerintahan di Indonesia, makalah pembukaan temu wicara guru PKn Provinsi DKI dengan Mahkamah Konstitusi, 2005
·      Buku- buku yang relevan
·      Buku pelajaran
2.3 Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di  Indonesia dengan negara lain

Pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia
o  Kelebihan sistem pemerintahan Indonesia
o  Kelemahan sistem pemerintahan Indonesia
o  Perbandingan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain


·      Mengkaji berbagai buku, media cetak dan elektronik mengenai kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI
·      Menanyakan kepada pejabat pemerintah di lingkungannya tentang kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan negara RI
·      Berdiskusi hasil kajian dan temuan di lapangan tentang Identifikasi sistem pemerintahan Indonesia dibandingkan dengan negara lain
·      Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia






·     membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain

o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o   Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk  lainnya)
o   Presentasi



2 X 45
·     Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti
·      Jimly Ashieddieqy Sistem pemerintahan di Indonesia, makalah pembukaan temu wicara guru PKn Provinsi DKI dengan Mahkamah Konstitusi, 2005
·      Buku- buku yang relevan
·      Buku pelajaran


2 comments:

Ivony Erniwaty said...

makasiihh bnyk atas tulisannya..

AGUS SUHENDI said...

Sama -sama..... semoga bermanfaat