PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN XII SILABUS 1
SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 1
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | Materi Pembelajaran | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
1.1 Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka | Pancasila sebagai ideologi terbuka o Makna ideologi negra o Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara o Fungsi pokok Pancasila o Pancasila sebagai ideologi terbuka | · Mengkaji dari berbagai sumber (buku, nara sumber dsb.) tentang proses perumusan Pancasila sejak sidang BPUPKI sampai dengan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 · Menguraikan fungsi pokok Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara · Membandingkan ideologi terbuka dan ideologi tertutup · Berdiskusi hasil penggalian informasi makna Pancasila sebagai ideologi terbuka | · Mendeskripsikan makna ideologi negara · Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara · Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara · Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup · Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka | · Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) · Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) · Presentasi | 4 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti · Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, amandemen I, II, III dan IV, Bandung: Citra Umbara · Nugroho Notosusanto (1983), Naskah Prokla-masi yang Otentik dan Rumusan Pancasila yang Otentik, Jakarta: PN Balai Pustaka. |
kOMPETENSI DASAR | Materi Pembelajaran | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
1.2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | Nilai-nilai Pancasila o Pancasila sebagai sumber nilai o Pancasila sebagai paradigma pembangunan | · Mengkaji dari beberapa sumber pustaka tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan. · Berdiskusi hasil kajian tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan sebagai paradigma pembangunan | · Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai. · Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan. · Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan | · Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) · Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) · Presentasi | 2 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti · UUD 1945 · Buku-buku sumber yang relevan · Buku pelajaran lain · Media cetak dan elektronik. |
1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka | o Perilaku yang sesuai nilai- nilai Pancasila o Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka | · Mengidentifikasi berita di media elektronik (TV, internet dsb.) dan artikel dari media cetak (buku, koran, majalah dsb) sehingga dapat menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila · Mengamati perilaku masyarakat lingkungannya yang sesuai dengan nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka (contoh: berani mengemukakan pendapat/demonstrasi) | · Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila · Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka. | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 2 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti · Mustafa Kamatl Pasha, B. Ed, (2002) Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri. · Media cetak dan media eletronik · Buku-buku sumber yang relevan · Buku pelajaran/paket lainnya. |
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 1
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
Alokasi waktu : 10 X 45 menit
kOMPETENSI DASAR | Materi Pembelajaran | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara | Sistem pemerintahan · Pengertian Sistem pemerintahan · Sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer · Ciri-ciri sistem pemerintahan Parlementer dan Presidensial. | · Mengkaji berbagai literatur tentang sistem pemerintahan · Mengidentifikasi negara-negara yang menganut sistem Presidensial dan Parlementer · Mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer · Membandingkan dari berbagai aspek, negara-negara yang menganut sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer | · Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan · Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara · Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer · Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 4 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti · Moh. Kusnardi., Harmaily Ibrahim (1993) Pengantar Hukum Tata Negara RI. FHUI. · Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, perubahan I, II, III dan IV |
kOMPETENSI DASAR | Materi Pembelajaran | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | JENIS PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
2.2 Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia | sistem pemerintahan Negara Indonesia o System pemerintahan menurut UUD 1945 awal kemerdekaan o Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 setelah adanya perubahan | · Mengkaji UUD 1945, dapat menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 pada awal kemerdekaan · Mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan | · Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945. · Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan | · Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) · Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) Presentasi | 2 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti · Jimly Ashieddieqy Sistem pemerintahan di Indonesia, makalah pembukaan temu wicara guru PKn Provinsi DKI dengan Mahkamah Konstitusi, 2005 · Buku- buku yang relevan · Buku pelajaran |
2.3 Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain | Pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia o Kelebihan sistem pemerintahan Indonesia o Kelemahan sistem pemerintahan Indonesia o Perbandingan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain | · Mengkaji berbagai buku, media cetak dan elektronik mengenai kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI · Menanyakan kepada pejabat pemerintah di lingkungannya tentang kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan negara RI · Berdiskusi hasil kajian dan temuan di lapangan tentang Identifikasi sistem pemerintahan Indonesia dibandingkan dengan negara lain | · Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia · membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain | o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu) o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya) o Presentasi | 2 X 45 | · Buku Kewarganegaraan Esis Kelas XII, karangan Dra. Retno Listyarti · Jimly Ashieddieqy Sistem pemerintahan di Indonesia, makalah pembukaan temu wicara guru PKn Provinsi DKI dengan Mahkamah Konstitusi, 2005 · Buku- buku yang relevan · Buku pelajaran |
2 comments:
makasiihh bnyk atas tulisannya..
Sama -sama..... semoga bermanfaat
Post a Comment