04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XI RPP17




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 017/RPP



 I.       IDENTITAS
1. Mata Pelajaran                    :        PKn
2. Materi Pokok            :        Peran Mahkamah Internasional dalam Menyelesaikan
                                             Sengketa
3. Kelas/Program                    :        XI
      4. Pertemuan Minggu ke         :        19
   5. Alokasi Waktu           :        2 x 45 Menit

  II.       STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1.  Standar Kompetensi
          5. Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional

2.  Kompetensi Dasar
5.2. Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional

  III.      INDIKATOR
1.    Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional
2.     Menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh Mahkamah internasional


 IV.    STRATEGI PEMBELAJARAN      
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-      Memberikan salam siswa
-      Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-        Disiplin
-        Kerjasama
-        Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-      Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-      Penjelasan materi
-      Tanya jawab
-      Latihan
55’
-        Kerjasama
-        Kesungguhan
-        Disiplin
-        Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-        Pengendalian diri


  V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.    Buku Paket PKn Kelas XI
2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
4.    Lembar Kerja Siswa
5.    Majalah, Koran, dan Internet

 VI.    PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.    Penilaian Kognitif
2.    Penilaian Afektif


                                                                             ........., ......... 20..
Mengetahui            
Kepala SMA/MA .........                                            Guru Mata Pelajaran





                  
NIP.                                                                        NIP.

No comments: