GEOGRAFI IX RPP 1
BAB 1. NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasikan ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Indikator : - Menjelaskan pengertian negara maju dan negara berkembang
- Mengidentifikasikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan pengertian negara maju dan negara berkembang
- Mendeskripsikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang
- Ciri-ciri Negara Maju dan Negara Berkembang
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menceritakan tentang masalah kependudukan yang dialami oleh negara-negara di dunia kemudian menghubungkannya dengan penggolongan dunia menjadi negara-negara maju dan negara-negara berkembang.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan secara garis besar mengenai pengertian dan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang (hal 2 – 5) dengan menggunakan data dari World Population Datasheet 2006.
· Siswa menyebutkan kembali pengertian negara maju dan negara berkembang dengan menggunakan bahasanya sendiri.
· Secara individu, siswa membuat peta pikiran yang menarik tentang ciri-ciri negara maju dan negara berkembang.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- World Population Datasheet 2006
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian Tanya Jawab
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pemahaman tentang negara maju dan negara berkembang | | | | |
Kemampuan merumuskan pengertian negara maju dan negara berkembang dengan tepat | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik | | | | |
Keaktifan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
- Penilaian Produk: membuat peta pikiran tentang ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
Rubrik Penilaian Produk*)
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Peta pikiran menguraikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang dengan singkat dan jelas | | | | |
Kerapihan dan kebersihan peta pikiran | | | | |
Pemakaian warna yang sesuai | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian F.1!
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment