29 April 2011

Geografi SMP IX RPP 1



GEOGRAFI IX RPP 1
BAB 1. NEGARA  MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mengidentifikasikan ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Indikator                                 : - Menjelaskan pengertian negara maju dan negara berkembang
  - Mengidentifikasikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan pengertian negara maju dan negara berkembang
-          Mendeskripsikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang
-          Ciri-ciri Negara Maju dan Negara Berkembang

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, dan penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menceritakan tentang masalah kependudukan yang dialami oleh negara-negara di dunia kemudian menghubungkannya dengan penggolongan dunia menjadi negara-negara maju dan negara-negara berkembang.
2.    Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan secara garis besar mengenai pengertian dan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang (hal 2 – 5) dengan menggunakan data dari World Population Datasheet 2006.
·         Siswa menyebutkan kembali pengertian negara maju dan negara berkembang dengan menggunakan bahasanya sendiri.
·         Secara individu, siswa membuat peta pikiran yang menarik tentang ciri-ciri negara maju dan negara berkembang.
3.    Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          World Population Datasheet 2006
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
  1. Penilaian Tanya Jawab
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pemahaman tentang negara maju dan negara berkembang




Kemampuan merumuskan pengertian negara maju dan negara berkembang dengan tepat




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik




Keaktifan




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

  1. Penilaian Produk: membuat peta pikiran tentang ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
Rubrik Penilaian Produk*)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Peta pikiran menguraikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang dengan singkat dan jelas




Kerapihan dan kebersihan peta pikiran




Pemakaian warna yang sesuai




Nilai rata-rata




Komentar

* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian F.1!


Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: