29 April 2011

Geografi SMP IX RPP 13



GEOGRAFI IX RPP 13
BAB 6. NEGARA-NEGARA DI BENUA AMERIKA, EROPA, DAN AUSTRALIA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar                   : 5.3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra
Indikator                                 : Memberikan contoh negara-negara di Benua Amerika dan karakteristiknya
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menjelaskan karakteristik Benua Amerika.
-          Menyebutkan contoh negara di Benua Amerika beserta karakteristiknya.

B.     Materi Pembelajaran
-          Benua Amerika

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru tentang pembagian kawasan Benua Amerika.
2.                              Kegiatan Inti: 25 menit
·       Secara individu, siswa membuat karangan tentang manfaat dibukanya Terusan Panama bagi negara-negara di Benua Amerika (Portofolio hal 107).
·       Tanya jawab tentang karangan analitis siswa.
·       Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
3.                              Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
1.      Penilaian Portofolio berupa Karangan Analitis
Tema karangan : Buatlah karangan mengenai manfaat dibukanya Terusan Panama
    bagi negara-negara di Benua Amerika!

Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan hasil pemikiran




Isi menunjukkan sikap dan pendapat siswa terhadap masalah tersebut




Isi menunjukkan alasan sikap terhadap masalah tersebut




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: