GEOGRAFI IX RPP 13
BAB 6. NEGARA-NEGARA DI BENUA AMERIKA, EROPA, DAN AUSTRALIA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar : 5.3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra
Indikator : Memberikan contoh negara-negara di Benua Amerika dan karakteristiknya
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menjelaskan karakteristik Benua Amerika.
- Menyebutkan contoh negara di Benua Amerika beserta karakteristiknya.
B. Materi Pembelajaran
- Benua Amerika
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru tentang pembagian kawasan Benua Amerika.
2. Kegiatan Inti: 25 menit
· Secara individu, siswa membuat karangan tentang manfaat dibukanya Terusan Panama bagi negara-negara di Benua Amerika (Portofolio hal 107).
· Tanya jawab tentang karangan analitis siswa.
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
1. Penilaian Portofolio berupa Karangan Analitis
Tema karangan : Buatlah karangan mengenai manfaat dibukanya Terusan Panama
bagi negara-negara di Benua Amerika!
Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan hasil pemikiran | | | | |
Isi menunjukkan sikap dan pendapat siswa terhadap masalah tersebut | | | | |
Isi menunjukkan alasan sikap terhadap masalah tersebut | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment