GEOGRAFI VIII RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Indikator :Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim di wilayah Indonesia
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan terjadinya perubahan musim di wilayah Indonesia.
- Menganalisis kaitan perubahan musim dengan letak geografis wilayah Indonesia.
B. Materi Pembelajaran
Musim di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skills, tanya jawab, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Siswa mengumpulkan tugas membuat peta wilayah Indonesia.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menceritakan tentang perubahan musim di Indonesia yang tidak menentu.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan tentang angin muson dan perubahan musim di Indonesia secara garis besar (hal 6 – 7) dengan menggunakan gambar pergerakan angin muson tenggara dan angin muson barat laut.
· Secara individu, siswa mencari faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya perubahan musim di Indonesia dari situs internet seperti www.encarta.com, www.yahoo.com, www.wikipedia.com, dan www.google.com.
· Siswa membuat karangan analitis berdasarkan hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
· Tanya jawab tentang faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya perubahan musim di Indonesia berdasarkan hasil temuan siswa dari situs internet.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta Dunia
- Peta Indonesia
- Gambar pergerakan angin muson tenggara dan angin muson barat laut
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Teknik : Portofolio
Ø Bentuk tagihan : Karangan Analitis
Ø Tema karangan : Faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya perubahan musim
di Indonesia
Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan kronologis terjadinya perubahan musim di Indonesia | | | | |
Isi menunjukkan data-data yang menggambarkan bukti tentang pengaruh perubahan musim di Indonesia terhadap kehidupan masyarakat sekitar | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Orisinalitas karangan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment