GEOGRAFI IX RPP 12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar : 5.3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra
Indikator : Memberikan contoh negara-negara di Benua Afrika dan karakteristiknya
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menjelaskan karakteristik Benua Afrika.
- Menyebutkan contoh negara di Benua Afrika beserta karakteristiknya.
B. Materi Pembelajaran
- Benua Afrika
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru tentang pembagian kawasan Benua Afrika.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Siswa menganalisis faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan negara-negara di Benua Afrika sulit mengalami kemajuan dalam bentuk karangan.
· Tanya jawab tentang karangan analitis siswa.
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Menarik kesimpulan materi bersama-sama.
· Penugasan individu, mengerjakan uji kompetensi pada buku sumber (hal 89 – 92).
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
1. Penilaian Portofolio berupa Karangan Analitis
Tema karangan : Faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan negara-negara di
Benua Afrika sulit mengalami kemajuan?
Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan hasil pemikiran | | | | |
Isi menunjukkan sikap dan pendapat siswa terhadap masalah tersebut | | | | |
Isi menunjukkan alasan sikap terhadap masalah tersebut | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
2. Penilaian Uji Kompetensi : - Pilihan ganda hal 89 (skor 1 s/d 5)
- Uraian singkat hal 89 (skor 1 s/d 5)
- Portofolio, Unjuk Kerja, Produk, dan Skala Sikap
berdasarkan rubrik penilaian yang telah tersedia.
Kunci Jawaban
A.
1. b
2. c
3. d
4. c
5. c
B.
1. Afrika
2. dua
3. Yang Tse dan Huang Ho
4. Laut Merah dan Laut Tengah
5. emas
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment