GEOGRAFI VIII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
Indikator :Mendeskripsikan persebaran jenis tanah di Indonesia dan menganalisis pemanfaatannya
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mengidentifikasi persebaran jenis tanah di Indonesia.
- Menjelaskan perbedaan jenis-jenis tanah di Indonesia.
- Menganalisis pemanfaatan tanah di Indonesia.
B. Materi Pembelajaran
Persebaran jenis tanah di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skills, tanya jawab, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan pengertian tanah.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Tanya jawab tentang proses terjadinya dan perbedaan dari jenis-jenis tanah di Indonesia serta pemanfaatannya (hal 9 – 15).
· Siswa membuat karangan analitis mengenai cara mengolah tanah yang memiliki produktivitas rendah (Portofolio hal 17).
· Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan karangannya.
· Secara individu, siswa mengerjakan soal uji kompetensi pada buku sumber (hal 16 - 19).
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Menarik kesimpulan materi.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
1. Teknik : Portofolio
Bentuk tagihan : Karangan Analitis
Tema : Apabila kamu tinggal di daerah yang memiliki jenis tanah
dengan produktivitas rendah, apa yang harus kamu lakukan agar
jenis tanah tersebut dapat mendatangkan keuntungan?
Rubrik Penilaian Karangan Analitis
| Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengantar menunjukkan isi karangan | | | | |
| Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
| Isi menunjukkan pengetahuan tentang kesuburan dan produktivitas tanah | | | | |
| Isi menjelaskan solusi-solusi yang diambil | | | | |
| Solusi-solusi yang diambil masuk akal | | | | |
| Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
| Penutup memberi kesimpulan akhir dan saran | | | | |
| Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
| Orisinalitas karangan | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar | ||||
Kriteria Penilaian:
| Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
| Memuaskan | 4 | > 80 |
| Baik | 3 | 68 - 79 |
| Cukup | 2 | 56 - 67 |
| Kurang | 1 | < 55 |
2. Penilaian Uji Kompetensi : - Pilihan ganda hal 16 (skor 1 s/d 5)
- Uraian singkat hal 17 (skor setiap soal benar 1)
- Portofolio, Unjuk Kerja, Produk, dan Skala Sikap
berdasarkan rubrik penilaian yang telah tersedia.
Kunci Jawaban
A.
1. c
2. a
3. c
4. a
5. c
B.
1. 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT
2. angin muson barat laut
3. Wallacea
4. letak astronomis
5. tanah organosol (tanah gambut)
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.


No comments:
Post a Comment