GEOGRAFI VIII RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.2. Mengidentifikasikan permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
Indikator : - Membedakan jenis-jenis piramida penduduk serta mendeskripsikan komposisi penduduk berdasarkan piramida penduduk
- Mendesripsikan arti dan ukuran angka beban ketergantungan dan sex ratio
- Menguraikan arti angka harapan hidup
Alokasi Waktu : 3x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan bentuk piramida penduduk
- Menjelaskan arti angka beban ketergantungan (dependency ratio) dan rasio jenis kelamin (sex ratio).
- Menguraikan cara menghitung angka beban ketergantungan dan rasio jenis kelamin.
- Menjelaskan arti angka harapan hidup.
B. Materi Pembelajaran
- Komposisi penduduk
- Angka Beban Ketergantungan dan Sex Ratio
- Angka Harapan Hidup
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, ceramah, diskusi, presentasi, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan siswa tentang arti komposisi penduduk.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan secara garis besar mengenai komposisi penduduk, angka beban ketergantungan, rasio jenis kelamin, dan angka harapan hidup (hal 30 – 35).
· Guru membagi kelas menjadi lima kelompok. Setiap kelompok mencari data kependudukan salah satu negara antara lain Inggris, Amerika Serikat, Jepang, India, dan Meksiko.
· Secara berkelompok, siswa mencari data kependudukan suatu negara dari situs internet seperti www.encarta.com, www.yahoo.com, www.worldbank.org, atau www.google.com. Setiap kelompok membuat laporan hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya. Data kependudukan tersebut dibuat piramida penduduk, angka harapan hidup, kemudian siswa menghitung angka beban ketergantungan dan rasio jenis kelamin penduduk negara yang bersangkutan.
· Jika tugas kelompok tersebut belum selesai, maka dapat dilanjutkan sebagai pekerjaan rumah. Tugas kelompok dikumpulkan dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
Pertemuan Kesembilan
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menanyakan perbedaan jenis-jenis piramida penduduk.
· Siswa mengumpulkan laporan kelompok mengenai data kependudukan suatu negara berdasarkan hasil temuan dari situs internet.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk mempresentasikan laporan masing-masing. Kelompok lain diminta menanggapi.
· Siswa membuat kesimpulan kelompok.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
Pertemuan Kesepuluh
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menanyakan perbedaan usia produktif dan usia tidak produktif.
2. Kegiatan Inti: 20 menit
· Kelompok yang belum presentasi diberi waktu 10 menit untuk mempresentasikan laporan masing-masing. Kelompok lain diminta menanggapi.
· Siswa membuat kesimpulan kelompok.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
· Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan bersama.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- World Population Datasheet 2006
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
1. Penilaian Laporan
Tema : Data kependudukan suatu negara dilengkapi dengan piramida
penduduk, perhitungan angka beban ketergantungan, rasio
jenis kelamin, dan angka harapan hidup.
Rubrik Penilaian Laporan
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan data-data kependudukan yang akurat dan lengkap | | | | |
Isi menunjukkan analisis terhadap komposisi penduduk negara yang bersangkutan | | | | |
Isi dilengkapi dengan piramida penduduk, perhitungan angka beban ketergantungan, dan rasio jenis kelamin | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
2. Penilaian Unjuk Kerja (Diskusi dan Presentasi)
Rubrik Penilaian Diskusi*)
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mencari data | | | | |
Partisipasi dalam diskusi | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian laporan!
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment