29 April 2011

Geografi SMP VIII RPP 8



GEOGRAFI VIII RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Mengidentifikasikan permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
Indikator                                 : - Membedakan jenis-jenis piramida penduduk serta mendeskripsikan komposisi penduduk berdasarkan piramida penduduk
-    Mendesripsikan arti dan ukuran angka beban ketergantungan dan sex ratio
-    Menguraikan arti angka harapan hidup
Alokasi Waktu                        : 3x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan bentuk piramida penduduk
-          Menjelaskan arti angka beban ketergantungan (dependency ratio) dan rasio jenis kelamin (sex ratio).
-          Menguraikan cara menghitung angka beban ketergantungan dan rasio jenis kelamin.
-          Menjelaskan arti angka harapan hidup.

B.     Materi Pembelajaran
-          Komposisi penduduk
-          Angka Beban Ketergantungan dan Sex Ratio
-          Angka Harapan Hidup

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, ceramah, diskusi, presentasi, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan siswa tentang arti komposisi penduduk.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Guru menjelaskan secara garis besar mengenai komposisi penduduk, angka beban ketergantungan, rasio jenis kelamin, dan angka harapan hidup (hal 30 – 35).
·           Guru membagi kelas menjadi lima kelompok. Setiap kelompok mencari data kependudukan salah satu negara antara lain Inggris, Amerika Serikat, Jepang, India, dan Meksiko.
·           Secara berkelompok, siswa mencari data kependudukan suatu negara dari situs internet seperti www.encarta.com, www.yahoo.com, www.worldbank.org, atau www.google.com. Setiap kelompok membuat laporan hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya. Data kependudukan tersebut dibuat piramida penduduk, angka harapan hidup, kemudian siswa menghitung angka beban ketergantungan dan rasio jenis kelamin penduduk negara yang bersangkutan.
·           Jika tugas kelompok tersebut belum selesai, maka dapat dilanjutkan sebagai pekerjaan rumah. Tugas kelompok dikumpulkan dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Menarik kesimpulan materi.

Pertemuan Kesembilan
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menanyakan perbedaan jenis-jenis piramida penduduk.
·         Siswa mengumpulkan laporan kelompok mengenai data kependudukan suatu negara berdasarkan hasil temuan dari situs internet.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk mempresentasikan laporan masing-masing. Kelompok lain diminta menanggapi.
·           Siswa membuat kesimpulan kelompok.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.

Pertemuan Kesepuluh
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menanyakan perbedaan usia produktif dan usia tidak produktif.
2.      Kegiatan Inti: 20 menit
·           Kelompok yang belum presentasi diberi waktu 10 menit untuk mempresentasikan laporan masing-masing. Kelompok lain diminta menanggapi.
·           Siswa membuat kesimpulan kelompok.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·           Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan bersama.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          World Population Datasheet 2006
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
1.      Penilaian Laporan
Tema                           : Data kependudukan suatu negara dilengkapi dengan piramida
  penduduk, perhitungan angka beban ketergantungan, rasio
  jenis kelamin, dan angka harapan hidup.

Rubrik Penilaian Laporan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan data-data kependudukan yang akurat dan lengkap




Isi menunjukkan analisis terhadap komposisi penduduk negara yang bersangkutan




Isi dilengkapi dengan piramida penduduk, perhitungan angka beban ketergantungan, dan rasio jenis kelamin




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

2.      Penilaian Unjuk Kerja (Diskusi dan Presentasi)

Rubrik Penilaian Diskusi*)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mencari data




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian laporan!





Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: