Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

29 April 2011

Geografi SMP VIII RPP 11



GEOGRAFI VIII RPP 11
BAB 3. PERMASALAHAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM
PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar                   : 1.3. Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Indikator                                 : - Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan hidup
  - Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan unsur-unsur lingkungan hidup.
-          Menjelaskan arti penting lingkungan bagi kehidupan.

B.     Materi Pembelajaran
-          Unsur-unsur lingkungan hidup
-          Arti penting lingkungan bagi kehidupan

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, dan portofolio.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menanyakan perbedaan lingkungan hidup dan ekosistem.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Tanya jawab tentang unsur-unsur lingkungan hidup dan arti penting lingkungan bagi kehidupan.
·         Siswa membuat karangan analitis mengenai gambaran keadaan apabila program daur ulang tidak pernah ditemukan (Portofolio hal 69).
·         Guru menunjuk beberapa orang siswa untuk mempresentasikan karangannya.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Guru memberikan penegasan terhadap karangan analitis siswa.
·         Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
·         Penugasan kelompok: mengamati pencemaran yang ada di sekitar tempat tinggalmu, catatlah jenis pencemaran yang paling banyak terjadi di lingkunganmu! Buatlah laporannya pengamatan tersebut (Aktivitas hal 71). Tugas ini dikumpulkan dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
Ø  Teknik                         : Portofolio
Ø  Bentuk tagihan            : Karangan Analitis
Ø  Topik                           : Gambarkanlah situasi/ keadaan lingkungan hidup apabila
  program daur ulang tidak pernah ditemukan?

Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan pengertian dan manfaat program daur ulang sampah terhadap lingkungan hidup




Isi menunjukkan gambaran keadaan apabila program daur ulang tidak pernah ditemukan




Isi menunjukkan analisis terhadap masalah tersebut




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: