Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

29 April 2011

Geografi SMP IX Silabus 2



GEOGRAFI IX SILABUS 2
SILABUS
Nama Sekolah                         : SMP .........................................................                                                                                        
Mata Pelajaran             : Geografi
Kelas/ Semester                       : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu             : 19x45 menit
Standar Kompetensi     : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen
5.1. Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi
Pola dan Bentuk Muka Bumi
·    Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi


·     Secara individu, menginterpretasikan bentuk-bentuk muka bumi pada peta


·   Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta



·      Unjuk kerja



·     Interpretasi peta




·    Interpretasikanlah bentuk-bentuk muka bumi pada peta Indonesia tersebut!


1x45 menit



·   Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 18 – 20)
·   Buku penunjang lain
·   Peta Indonesia
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

·    Diagram bentuk muka bumi daratan dan dasar laut






·     Secara berkelompok, membuat diagram/ penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut dari peta kontur



·   Membuat diagram/ penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut


·      Tugas kelompok









·     Penampang melintang








·    Buatlah diagram/ penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut dari peta kontur yang telah tersedia!


1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 25 - 27)
·   Buku penunjang lain
·   Peta kontur
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

·    Pola dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alamnya

·     Mengidentifikasi pola dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alamnya
·   Mendeskripsikan pola dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alam

·      Unjuk kerja




·      Tugas individu

·     Karangan analitis




·     Uji kompetensi

·    Buatlah sebuah karangan tentang pengaruh bentang alam terhadap kehidupan masyarakat sekitar!  (hal 26)
·    Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumbermu! (hal 25 - 28)

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 25 - 27)
·   Buku penunjang lain
·   Gambar atau foto pola permukiman penduduk
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen
5.2. Mendeskrip sikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara
Unsur-unsur Fisik dan Sosial Kawasan Asia Tenggara
·    Letak geografis  kawasan Asia Tenggara


·    Bentang alam kawasan Asia Tenggara

·    Iklim kawasan Asia Tenggara

·    Sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara
·    Penduduk di kawasan Asia Tenggara


·    Kegiatan ekonomi penduduk di kawasan Asia Tenggara.
·    Kerja sama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara





·   Menyebutkan letak geografis kawasan Asia Tenggara
·   Menunjukkan pada peta letak geografis kawasan Asia Tenggara
·   Menginterpretasikan  peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara
·   Mengidentifikasi keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara
·   Menjelaskan perbedaan kandungan sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara
·   Menyajikan informasi kependudukan di kawasan Asia Tenggara dalam bentuk tabel, grafik, dan peta

·   Menyebutkan contoh komoditi perdagangan antarnegara di kawasan Asia Tenggara

·   Mendeskripsikan berbagai bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara








·   Menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara


·   Menginterpretasi peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara
·   Mendeskripsikan keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara
·   Mendeskripsikan sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara

·   Penyajian informasi data kependudukan (jumlah, persebaran, suku bangsa), dan mata pencaharian di kawasan Asia Tenggara
·   Memberikan contoh barang-barang perdagangan antarnegara di kawasan Asia Tenggara

·   Memberikan contoh bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara










·     Tugas kelompok





·     Unjuk kerja







·     Portofolio









·     Tugas individu























·     Makalah






·     Diskusi dan presentasi






·     Karangan analitis








·     Uji kompetensi




























·    Buatlah makalah tentang unsur-unsur fisik dan sosial dari 11 negara di kawasan Asia Tenggara!


·    Presentasikanlah makalah kelompok tersebut di depan kelas! Setiap kelompok mempresentasikan makalah masing-masing!


·    Gambarkanlah keadaan/situasi di Asia Tenggara apabila kawasan tersebut hanya memiliki satu mata uang! Buatlah dalam bentuk karangan analitis! (hal 49)


·    Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumbermu! (hal 48-52)






8x45 menit





·   Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 30 – 48)
·   Buku penunjang lain
·   World Population Datasheet 2006
·   Peta Asia Tenggara
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet
·   Media cetak



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen
5.3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra
Benua dan Samudra
·    Proses pembentukan benua-benua



·    Posisi benua-benua dan samudra




·   Membaca buku dan mencermati proses pembentukan benua-benua
·   Menjelaskan kembali proses pembentukan benua
·   Menemutunjukkan posisi benua dan samudra pada peta




·   Mendeskripsikan proses pembentukan benua



·   Menginterpretasikan peta untuk mendapatkan informasi tentang posisi benua-benua dan samudra





·     Tanya jawab




·     Unjuk kerja














·     Uraian berstruktur




·     Uji identifikasi



·    Jelaskan dengan singkat mengenai proses pembentukan benua!



·    Identifikasikanlah posisi benua dan samudra pada peta!



1x45 menit



·   Buku sumber Geografi SMP IX– ESIS (hal 54 – 55)
·   Buku penunjang lain
·   Peta Dunia, Atlas, dan Globe
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

·    Karakteristik bentang alam dan penduduk di benua-benua
·   Menjelaskan karakteristik bentang alam dan penduduk di benua-benua

·   Mendeskripsikan karakteristik masing-masing benua

·     Portofolio










·     Karangan analitis







·    Tulislah sebuah karangan tentang keunikan benua-benua yang ada di dunia beserta pengaruhnya terhadap cara hidup manusia yang tinggal pada masing-masing benua tersebut! (hal 74)

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 56 – 71)
·   Buku penunjang lain
·   Peta Dunia, Atlas, dan Globe
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

·    Karakteristik samudra





·    Fungsi samudra
·   Menjelaskan karakteristik samudra-samudra





·   Menyebutkan fungsi samudra

·   Menginterpretasikan peta dunia untuk mendapatkan informasi tentang karakteristik masing-masing samudra

·   Mendeskripsikan fungsi samudra
·     Portofolio






·     Tugas individu




·     Karangan analitis





·     Uji kompetensi

·    Apakah dengan adanya keberadaan samudra pada suatu kawasan atau negara di dunia dapat memberi keuntungan bagi negara tersebut? (hal 73)
·    Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumbermu! (hal 72 -75)

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 71 – 72)
·   Buku penunjang lain
·   Peta Dunia, Atlas, dan Globe
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen

Negara-Negara di Benua Asia dan Afrika
·    Negara-Negara di Benua Asia













·   Mendeskripsikan karakteristik negara-negara di Benua Asia
·   Mendiskusikan faktor-faktor yang menyebabkan sektor industri Cina berkembang sangat pesat







·   Memberikan contoh negara-negara di Benua Asia dan karakteristiknya











·     Unjuk kerja













·     Diskusi  











·    Diskusikanlah tentang hal yang menyebabkan sektor industri Cina berkembang pesat dan membanjiri pasar Indonesia! (hal 91)




1x45 menit




·   Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 78 – 84)
·   Buku penunjang lain
·   Peta Benua Asia dan Afrika
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

·    Negara-Negara di Benua Afrika

·   Mendeskripsikan karakteristik negara-negara di Benua Afrika
·   Membuat karangan analitis mengenai faktor-faktor yang menyebabkan negara-negara di Benua Afrika sulit mengalami kemajuan

·   Memberikan contoh negara-negara di Benua Afrika dan karakteristiknya


·     Portofolio





·     Tugas individu

·     Karangan analitis




·     Uji kompetensi

·    Faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan negara-negara di Benua Afrika sulit mengalami kemajuan? (hal 89)
·    Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumber! (hal 89 – 92)

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 84 – 88)
·   Buku penunjang lain
·   Peta Benua Asia dan Afrika
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

Negara-Negara di Benua Amerika, Eropa, dan Australia
·    Negara-Negara di Benua Amerika





·   Mendeskripsikan karakteristik negara-negara di Benua Amerika
·   Membuat karangan analitis mengenai manfaat dibukanya Terusan Panama bagi negara-negara di Benua Amerika




·   Memberikan contoh negara-negara di Benua Amerika dan karakteristiknya





·     Portofolio




·     Karangan analitis




·    Buatlah karangan mengenai manfaat dibukanya Terusan Panama bagi negara-negara di Benua Amerika! (hal 107)




1x45 menit





·   Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 94 – 100)
·   Buku penunjang lain
·   Peta Benua Amerika
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen

·    Negara-Negara di Benua Eropa






·   Diskusi jigsaw mengenai negara-negara di Benua Eropa


·   Memberikan contoh negara-negara di Benua Eropa beserta karakteristiknya


·     Unjuk kerja


·     Tugas individu



·     Diskusi jigsaw


·     Uji kompetensi



·    Diskusikanlah mengenai negara-negara di Benua Eropa!

·    Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumber! (hal 107 – 110)




1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 100 – 106)
·   Buku penunjang lain
·   Peta Benua Eropa
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet

·    Negara-Negara di Benua Australia

·   Mendeskripsikan karakteristik negara-negara di Benua Australia
·   Menyebutkan contoh bentuk kerja sama Indonesia dengan Australia
·   Memberikan contoh negara-negara di Benua Autralia beserta karakteristiknya

·     Portofolio




·     Tugas individu


·     Karangan analitis



·     Evaluasi semester 2


·    Carilah dari berbagai referensi mengenai kerja sama yang dijalin Indonesia dengan Australia!
·    Kerjakanlah uji kompetensi semester pada buku sumber!  (hal 111 – 113)

1x45 menit

·   Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 100 – 106)
·   Buku penunjang lain
·   Peta Benua Australia
·   OHP/ Slide Proyektor
·   Internet




Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                      ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan …………………………..                                                                                  Guru Mata Pelajaran Geografi


__________________________                                                                                                                                                                                                                                      _____________________________
NIP/NRK.                                                                                                                                                    NIP/NRK. 

No comments: