GEOGRAFI IX SILABUS 2
SILABUS
Nama Sekolah : SMP .........................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu : 19x45 menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
5.1. Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi | Pola dan Bentuk Muka Bumi · Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi | · Secara individu, menginterpretasikan bentuk-bentuk muka bumi pada peta | · Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta | · Unjuk kerja | · Interpretasi peta | · Interpretasikanlah bentuk-bentuk muka bumi pada peta Indonesia tersebut! | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 18 – 20) · Buku penunjang lain · Peta Indonesia · OHP/ Slide Proyektor · Internet |
· Diagram bentuk muka bumi daratan dan dasar laut | · Secara berkelompok, membuat diagram/ penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut dari peta kontur | · Membuat diagram/ penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut | · Tugas kelompok | · Penampang melintang | · Buatlah diagram/ penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut dari peta kontur yang telah tersedia! | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 25 - 27) · Buku penunjang lain · Peta kontur · OHP/ Slide Proyektor · Internet | |
· Pola dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alamnya | · Mengidentifikasi pola dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alamnya | · Mendeskripsikan pola dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alam | · Unjuk kerja · Tugas individu | · Karangan analitis · Uji kompetensi | · Buatlah sebuah karangan tentang pengaruh bentang alam terhadap kehidupan masyarakat sekitar! (hal 26) · Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumbermu! (hal 25 - 28) | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 25 - 27) · Buku penunjang lain · Gambar atau foto pola permukiman penduduk · OHP/ Slide Proyektor · Internet |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
5.2. Mendeskrip sikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara | Unsur-unsur Fisik dan Sosial Kawasan Asia Tenggara · Letak geografis kawasan Asia Tenggara · Bentang alam kawasan Asia Tenggara · Iklim kawasan Asia Tenggara · Sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara · Penduduk di kawasan Asia Tenggara · Kegiatan ekonomi penduduk di kawasan Asia Tenggara. · Kerja sama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara | · Menyebutkan letak geografis kawasan Asia Tenggara · Menunjukkan pada peta letak geografis kawasan Asia Tenggara · Menginterpretasikan peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara · Mengidentifikasi keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara · Menjelaskan perbedaan kandungan sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara · Menyajikan informasi kependudukan di kawasan Asia Tenggara dalam bentuk tabel, grafik, dan peta · Menyebutkan contoh komoditi perdagangan antarnegara di kawasan Asia Tenggara · Mendeskripsikan berbagai bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara | · Menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara · Menginterpretasi peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara · Mendeskripsikan keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara · Mendeskripsikan sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara · Penyajian informasi data kependudukan (jumlah, persebaran, suku bangsa), dan mata pencaharian di kawasan Asia Tenggara · Memberikan contoh barang-barang perdagangan antarnegara di kawasan Asia Tenggara · Memberikan contoh bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara | · Tugas kelompok · Unjuk kerja · Portofolio · Tugas individu | · Makalah · Diskusi dan presentasi · Karangan analitis · Uji kompetensi | · Buatlah makalah tentang unsur-unsur fisik dan sosial dari 11 negara di kawasan Asia Tenggara! · Presentasikanlah makalah kelompok tersebut di depan kelas! Setiap kelompok mempresentasikan makalah masing-masing! · Gambarkanlah keadaan/situasi di Asia Tenggara apabila kawasan tersebut hanya memiliki satu mata uang! Buatlah dalam bentuk karangan analitis! (hal 49) · Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumbermu! (hal 48-52) | 8x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 30 – 48) · Buku penunjang lain · World Population Datasheet 2006 · Peta Asia Tenggara · OHP/ Slide Proyektor · Internet · Media cetak |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
5.3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra | Benua dan Samudra · Proses pembentukan benua-benua · Posisi benua-benua dan samudra | · Membaca buku dan mencermati proses pembentukan benua-benua · Menjelaskan kembali proses pembentukan benua · Menemutunjukkan posisi benua dan samudra pada peta | · Mendeskripsikan proses pembentukan benua · Menginterpretasikan peta untuk mendapatkan informasi tentang posisi benua-benua dan samudra | · Tanya jawab · Unjuk kerja | · Uraian berstruktur · Uji identifikasi | · Jelaskan dengan singkat mengenai proses pembentukan benua! · Identifikasikanlah posisi benua dan samudra pada peta! | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP IX– ESIS (hal 54 – 55) · Buku penunjang lain · Peta Dunia, Atlas, dan Globe · OHP/ Slide Proyektor · Internet |
· Karakteristik bentang alam dan penduduk di benua-benua | · Menjelaskan karakteristik bentang alam dan penduduk di benua-benua | · Mendeskripsikan karakteristik masing-masing benua | · Portofolio | · Karangan analitis | · Tulislah sebuah karangan tentang keunikan benua-benua yang ada di dunia beserta pengaruhnya terhadap cara hidup manusia yang tinggal pada masing-masing benua tersebut! (hal 74) | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 56 – 71) · Buku penunjang lain · Peta Dunia, Atlas, dan Globe · OHP/ Slide Proyektor · Internet | |
· Karakteristik samudra · Fungsi samudra | · Menjelaskan karakteristik samudra-samudra · Menyebutkan fungsi samudra | · Menginterpretasikan peta dunia untuk mendapatkan informasi tentang karakteristik masing-masing samudra · Mendeskripsikan fungsi samudra | · Portofolio · Tugas individu | · Karangan analitis · Uji kompetensi | · Apakah dengan adanya keberadaan samudra pada suatu kawasan atau negara di dunia dapat memberi keuntungan bagi negara tersebut? (hal 73) · Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumbermu! (hal 72 -75) | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 71 – 72) · Buku penunjang lain · Peta Dunia, Atlas, dan Globe · OHP/ Slide Proyektor · Internet |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
| Negara-Negara di Benua Asia dan Afrika · Negara-Negara di Benua Asia | · Mendeskripsikan karakteristik negara-negara di Benua Asia · Mendiskusikan faktor-faktor yang menyebabkan sektor industri Cina berkembang sangat pesat | · Memberikan contoh negara-negara di Benua Asia dan karakteristiknya | · Unjuk kerja | · Diskusi | · Diskusikanlah tentang hal yang menyebabkan sektor industri Cina berkembang pesat dan membanjiri pasar Indonesia! (hal 91) | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 78 – 84) · Buku penunjang lain · Peta Benua Asia dan Afrika · OHP/ Slide Proyektor · Internet |
· Negara-Negara di Benua Afrika | · Mendeskripsikan karakteristik negara-negara di Benua Afrika · Membuat karangan analitis mengenai faktor-faktor yang menyebabkan negara-negara di Benua Afrika sulit mengalami kemajuan | · Memberikan contoh negara-negara di Benua Afrika dan karakteristiknya | · Portofolio · Tugas individu | · Karangan analitis · Uji kompetensi | · Faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan negara-negara di Benua Afrika sulit mengalami kemajuan? (hal 89) · Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumber! (hal 89 – 92) | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 84 – 88) · Buku penunjang lain · Peta Benua Asia dan Afrika · OHP/ Slide Proyektor · Internet | |
Negara-Negara di Benua Amerika, Eropa, dan Australia · Negara-Negara di Benua Amerika | · Mendeskripsikan karakteristik negara-negara di Benua Amerika · Membuat karangan analitis mengenai manfaat dibukanya Terusan Panama bagi negara-negara di Benua Amerika | · Memberikan contoh negara-negara di Benua Amerika dan karakteristiknya | · Portofolio | · Karangan analitis | · Buatlah karangan mengenai manfaat dibukanya Terusan Panama bagi negara-negara di Benua Amerika! (hal 107) | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 94 – 100) · Buku penunjang lain · Peta Benua Amerika · OHP/ Slide Proyektor · Internet |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
| · Negara-Negara di Benua Eropa | · Diskusi jigsaw mengenai negara-negara di Benua Eropa | · Memberikan contoh negara-negara di Benua Eropa beserta karakteristiknya | · Unjuk kerja · Tugas individu | · Diskusi jigsaw · Uji kompetensi | · Diskusikanlah mengenai negara-negara di Benua Eropa! · Kerjakanlah uji kompetensi pada buku sumber! (hal 107 – 110) | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 100 – 106) · Buku penunjang lain · Peta Benua Eropa · OHP/ Slide Proyektor · Internet |
· Negara-Negara di Benua Australia | · Mendeskripsikan karakteristik negara-negara di Benua Australia · Menyebutkan contoh bentuk kerja sama Indonesia dengan Australia | · Memberikan contoh negara-negara di Benua Autralia beserta karakteristiknya | · Portofolio · Tugas individu | · Karangan analitis · Evaluasi semester 2 | · Carilah dari berbagai referensi mengenai kerja sama yang dijalin Indonesia dengan Australia! · Kerjakanlah uji kompetensi semester pada buku sumber! (hal 111 – 113) | 1x45 menit | · Buku sumber Geografi SMP IX – ESIS (hal 100 – 106) · Buku penunjang lain · Peta Benua Australia · OHP/ Slide Proyektor · Internet |
Mengetahui, ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan ………………………….. Guru Mata Pelajaran Geografi
__________________________ _____________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment