Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

29 April 2011

Geografi SMP IX RPP 2



GEOGRAFI IX RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mengidentifikasikan ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Indikator                                 : Mengidentifikasi persebaran negara maju dan negara berkembang
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.
-          Menganalisis faktor yang memengaruhi persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.

B.     Materi Pembelajaran
Persebaran negara-negara maju dan negara-negara  berkembang di dunia

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skills, tanya jawab, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang yang telah dipelajari.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Tanya jawab tentang faktor-faktor yang memengaruhi persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.
·           Secara berkelompok, siswa membuat peta persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
·           Penugasan individu, membuat paper mengenai contoh negara maju dan negara berkembang di dunia. Tugas ini dikumpulkan dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta Dunia
-          World Population Datasheet 2006
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet
F.      Penilaian
1.      Penilaian Tanya Jawab
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik




Keaktifan dalam kelas




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

2.      Penilaian tugas kelompok : membuat peta persebaran negara maju dan negara berkembang di dunia.
Rubrik Penilaian Produk*)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Kelengkapan komponen peta




Kerapihan dan kejelasan komponen peta




Pemakaian warna yang sesuai




Kebersihan dan kerapihan peta




Kerja sama dalam kelompok




Nilai rata-rata




Komentar

* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian F.1!


Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: