GEOGRAFI VIII RPP 14
BAB 4. KONDISI PENDUDUK INDONESIA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.4. Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
Indikator : Menjelaskan permasalahan tentang kuantitas dan kualitas penduduk
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mengidentifikasi dan mendeskripsikan permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk yang terjadi di Indonesia
B. Materi Pembelajaran
Permasalahan penduduk Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menceritakan tentang kondisi penduduk Indonesia di daerah tertinggal.
2. Kegiatan Inti: 25 menit
· Guru menjelaskan secara garis besar tentang permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk (hal 74 – 90).
· Tanya jawab tentang permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk.
· Secara individu, siswa mengerjakan uji kompetensi pada buku sumber (hal 93 - 97).
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan bersama.
· Penugasan kelompok: membuat poster mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Gunakanlah gambar dan bahasa yang menarik minat masyarakat! (Produk hal 96)
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
1. Penilaian Uji Kompetensi : - Pilihan ganda hal 93 – 94 (skor 1 s/d 5)
- Isian singkat hal 94 (skor 1 s/d 5)
- Portofolio, Unjuk Kerja, Produk, dan Skala Sikap
berdasarkan rubrik penilaian yang telah tersedia.
Kunci Jawaban
A.
1. b
2. c
3. a
4. a
5. d
B.
1. Singapura
2. pertumbuhan penduduk
3. buta huruf
4. sensus penduduk
5. angka melek huruf
2. Penilaian Produk berupa poster tentang pentingnya menjaga kesehatan
Rubrik Penilaian Produk
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Poster menunjukkan topik masalah tentang pentingnya menjaga kesehatan | | | | |
Penggunaan huruf yang mudah dibaca | | | | |
Judul poster memiliki huruf yang paling besar | | | | |
Penggunaan bahasa yang baik dan benar | | | | |
Poster menggunakan ilustrasi gambar yang menarik | | | | |
Kerapihan dan kebersihan poster | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment