Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

29 April 2011

Geografi SMP VIII RPP 14



GEOGRAFI VIII RPP 14
BAB 4. KONDISI PENDUDUK INDONESIA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar                   : 1.4. Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
Indikator                                 : Menjelaskan permasalahan tentang kuantitas dan kualitas penduduk
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mengidentifikasi dan mendeskripsikan permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk yang terjadi di Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
Permasalahan penduduk Indonesia

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menceritakan tentang kondisi penduduk Indonesia di daerah tertinggal.
2.      Kegiatan Inti: 25 menit
·         Guru menjelaskan secara garis besar tentang permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk (hal 74 – 90).
·         Tanya jawab tentang permasalahan kuantitas dan kualitas penduduk.
·         Secara individu, siswa mengerjakan uji kompetensi pada buku sumber (hal 93 - 97).
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan bersama.
·         Penugasan kelompok: membuat poster mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Gunakanlah gambar dan bahasa yang menarik minat masyarakat! (Produk hal 96)

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet
F.      Penilaian
1. Penilaian Uji Kompetensi         : - Pilihan ganda hal 93 – 94 (skor 1 s/d 5)
                                                              - Isian singkat hal 94 (skor 1 s/d 5)
  - Portofolio, Unjuk Kerja, Produk, dan Skala Sikap
    berdasarkan rubrik penilaian yang telah tersedia.

Kunci Jawaban

A.
1.      b
2.      c
3.      a
4.      a
5.      d

B.
1.      Singapura
2.      pertumbuhan penduduk
3.      buta huruf
4.      sensus penduduk
5.      angka melek huruf


2. Penilaian Produk berupa poster tentang pentingnya menjaga kesehatan

Rubrik Penilaian Produk
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Poster menunjukkan topik masalah tentang pentingnya menjaga kesehatan




Penggunaan huruf yang mudah dibaca




Judul poster memiliki huruf yang paling besar




Penggunaan bahasa yang baik dan benar




Poster menggunakan ilustrasi gambar yang menarik




Kerapihan dan kebersihan poster




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: