GEOGRAFI IX RPP 4
BAB 2. POLA DAN BENTUK MUKA BUMI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar : 5.1. Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi
Indikator : Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mengidentifikasi bentuk muka bumi dengan menggunakan simbol peta
- Mendeskripsikan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam interpretasi peta
B. Materi Pembelajaran
- Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, life skills, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menanyakan pengertian peta dan jenis-jenis peta. Tanya jawab tentang pengertian interpretasi peta.
2. Kegiatan Inti: 25 menit
· Guru menayangkan peta Indonesia. Guru menjelaskan simbol-simbol pada peta (hal 18 – 20). Siswa membaca buku dan mengamati peta wilayah Indonesia.
· Secara individu, siswa mengidentifikasi simbol-simbol yang digunakan dalam peta tersebut. Menginterpretasikan pola dan bentuk muka bumi dengan bantuan simbol-simbol pada peta tersebut.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta Indonesia
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian Tanya Jawab
Rubrik Penilaian Tanya Jawab
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik | | | | |
Keaktifan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment