Google Web Search Gadget

Facebook Share

29 April 2011

Geografi SMP IX RPP 5



GEOGRAFI IX RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar                   : 5.1. Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi
Indikator                                 : Membuat diagram/penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan informasi tentang bentuk muka bumi yang ditampilkan dalam peta.
-          Membuat penampang melintang dari suatu peta kontur.

B.     Materi Pembelajaran
Diagram bentuk muka bumi daratan dan dasar laut

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skills, penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menjelaskan pengertian dan ciri-ciri garis kontur.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Guru memberikan penjelasan tentang cara-cara membuat diagram/penampang melintang dari suatu peta kontur.
·           Secara berkelompok, siswa membuat diagram/penampang melintang dari suatu peta kontur, kemudian diinterpretasikan secara tertulis.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·           Menarik kesimpulan materi.
·           Penugasan kelompok, membuat makalah mengenai Unsur-unsur Fisik dan Sosial Kawasan Asia Tenggara dengan memperhatikan aspek-aspek yang dinilai dalam rubrik yang telah ditentukan. Tugas ini dipresentasikan tiga minggu kemudian.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta kontur
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
Ø  Tugas kelompok : membuat diagram/penampang melintang dari suatu peta kontur dan diinterpretasikan.

Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Penampang melintang memiliki unsur yang mempunyai nilai atau harga




Penampang melintang menggambarkan ketinggian atau kedalaman suatu wilayah secara dua dimensi




Kejelasan garis kontur pada gambar penampang melintang




Kerapihan dan kebersihan




Ketepatan interpretasi peta




Kerja sama kelompok




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: