GEOGRAFI IX RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar : 5.1. Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi
Indikator : Membuat diagram/penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan informasi tentang bentuk muka bumi yang ditampilkan dalam peta.
- Membuat penampang melintang dari suatu peta kontur.
B. Materi Pembelajaran
Diagram bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skills, penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menjelaskan pengertian dan ciri-ciri garis kontur.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru memberikan penjelasan tentang cara-cara membuat diagram/penampang melintang dari suatu peta kontur.
· Secara berkelompok, siswa membuat diagram/penampang melintang dari suatu peta kontur, kemudian diinterpretasikan secara tertulis.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
· Penugasan kelompok, membuat makalah mengenai Unsur-unsur Fisik dan Sosial Kawasan Asia Tenggara dengan memperhatikan aspek-aspek yang dinilai dalam rubrik yang telah ditentukan. Tugas ini dipresentasikan tiga minggu kemudian.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta kontur
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Tugas kelompok : membuat diagram/penampang melintang dari suatu peta kontur dan diinterpretasikan.
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Penampang melintang memiliki unsur yang mempunyai nilai atau harga | | | | |
Penampang melintang menggambarkan ketinggian atau kedalaman suatu wilayah secara dua dimensi | | | | |
Kejelasan garis kontur pada gambar penampang melintang | | | | |
Kerapihan dan kebersihan | | | | |
Ketepatan interpretasi peta | | | | |
Kerja sama kelompok | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment