GEOGRAFI IX RPP 7
BAB 3. UNSUR-UNSUR FISIK DAN SOSIAL KAWASAN ASIA TENGGARA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar : 5.2. Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara
Indikator : - Menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara
- Menginterpretasi peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara
- Mendeskripsikan keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara
- Mendeskripsikan sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara
- Penyajian informasi data kependudukan Asia Tenggara
- Memberikan contoh barang-barang perdagangan antarnegara di kawasan Asia Tenggara
- Memberikan contoh bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara
Alokasi Waktu : 11x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan profil negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
- Menginterpretasikan peta untuk mendapatkan informasi tentang bentang alam kawasan Asia Tenggara.
- Menyajikan informasi kependudukan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
- Menyebutkan contoh bentuk kerja sama dan barang-barang perdagangan negara-negara kawasan Asia Tenggara.
B. Materi Pembelajaran
Unsur-unsur Fisik dan Sosial Kawasan Asia Tenggara
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skills, diskusi, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan tentang negara-negara yang tergabung ke dalam ASEAN, kemudian menceritakan secara garis besar tentang berdirinya ASEAN.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menunjukkan letak geografis kawasan Asia Tenggara pada peta.
· Bersama-sama menginterpretasikan peta untuk mendapatkan informasi bentang alam kawasan Asia Tenggara.
· Guru menyajikan informasi kependudukan negara-negara kawasan Asia Tenggara.
· Tanya jawab tentang unsur-unsur fisik dan sosial negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Bersama-sama melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan.
Pertemuan Kelima s.d. Pertemuan Kesepuluh
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menanyakan tentang makalah kelompok.
2. Kegiatan Inti: 35 menit
· Setiap kelompok mempresentasikan makalah masing-masing mengenai Unsur-unsur Fisik dan Sosial Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara. Setiap kelompok diberi waktu 15 menit untuk presentasi.
· Kelompok lain memberikan tanggapan.
· Setelah presentasi, setiap kelompok membuat kesimpulan dan laporan hasil diskusi.
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas dan menarik kesimpulan.
Pertemuan Kesebelas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menceritakan keunggulan yang dimiliki oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Secara individu, membuat karangan analitis mengenai situasi/ keadaan apabila di kawasan Asia Tenggara hanya memiliki satu mata uang yang sama (hal 49).
· Tanya jawab tentang hasil karangan siswa.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Menarik kesimpulan materi.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan individu, mengerjakan uji kompetensi pada buku sumber (hal 48 – 52)
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- World Population Datasheet 2006
- Peta Asia Tenggara, Atlas, dan Globe
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
- Media cetak
F. Penilaian
1. Teknik : Tugas Kelompok
Bentuk tagihan : Makalah
Tema : Buatlah makalah tentang unsur-unsur fisik dan sosial dari
negara-negara di kawasan Asia Tenggara!
Rubrik Penilaian Makalah
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan profil negara di kawasan Asia Tenggara yang bersangkutan | | | | |
Isi menyajikan informasi kependudukan negara di kawasan Asia Tenggara yang bersangkutan | | | | |
Isi menunjukkan bentang alam dan peta negara di kawasan Asia Tenggara yang bersangkutan | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir dan saran | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
2. Teknik : Unjuk Kerja
Bentuk tagihan : Presentasi
Tema : Presentasikanlah makalah kelompokmu tersebut!
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mencari data | | | | |
Kerja sama dalam kelompok | | | | |
Partisipasi dalam diskusi | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
3. Teknik : Portofolio
Bentuk tagihan : Karangan Analitis
Tema : Gambarkanlah keadaan/ situasi di Asia Tenggara apabila
kawasan tersebut hanya memiliki satu mata uang!
Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi karangan | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan hasil analisis | | | | |
Isi menjelaskan macam-macam masalah yang muncul akibat keadaan tersebut | | | | |
Siuasi yang digambarkan masuk akal/logis | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap hasil analisis tersebut | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Orisinalitas karangan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
4. Penilaian Uji Kompetensi : - Pilihan ganda hal 48 - 49 (skor 1 s/d 5)
- Uraian singkat hal 49 (skor 1 s/d 5)
- Portofolio, Unjuk Kerja, Produk, dan Skala Sikap
berdasarkan rubrik penilaian yang telah tersedia.
Kunci Jawaban
A.
1. c
2. d
3. a
4. b
5. b
B.
1. Tagalog
2. Inggris
3. Myanmar
4. Vietnam
5. Laos
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment