29 April 2011

Geografi SMP VIII RPP 13



GEOGRAFI VIII RPP 13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar                   : 1.3. Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Indikator                                 : - Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan
  - Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menjelaskan arti dan manfaat pembangunan bagi masyarakat
-          Mendeskripsikan hakekat pembangunan berkelanjutan
-          Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan

B.     Materi Pembelajaran
-          Hakekat pembangunan berkelanjutan
-          Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan

C.     Metode Pembelajaran
Tanya jawab dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan meminta siswa untuk menyebutkan contoh kegiatan pembangunan.
2.      Kegiatan Inti: 25 menit
·         Tanya jawab tentang hakekat dan ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
·         Secara individu, siswa membuat karangan analitis mengenai pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di Indonesia (Portofolio hal 70).
·         Siswa mempresentasikan karangan analitisnya. Siswa lain diminta menanggapi.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Guru memberikan penegasan terhadap karangan analitis siswa.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
·         Penugasan individu: mengerjakan uji kompetensi pada buku sumber hal 68 - 72.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet
F.      Penilaian
1. Penilaian Karangan Analitis
    Tema karangan : Apakah proses pembangunan berkelanjutan di Indonesia sudah
 berhasil dilakukan?

Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan pengertian dan manfaat pembangunan berkelanjutan




Isi menunjukkan bukti-bukti pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di Indonesia




Isi menunjukkan analisis terhadap masalah




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


2. Penilaian Uji Kompetensi         : - Pilihan ganda hal 68 – 69 (skor 1 s/d 5)
                                                              - Isian singkat hal 69 (skor 1 s/d 5)
  - Portofolio, Unjuk Kerja, Produk, dan Skala Sikap
    berdasarkan rubrik penilaian yang telah tersedia.

Kunci Jawaban

A.
1.      c
2.      d
3.      c
4.      a
5.      b

B.
1.      produsen
2.      pembangunan
3.      fisik
4.      lapisan ozon
5.      pembangunan berkelanjutan


Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: