GEOGRAFI VIII RPP 13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Indikator : - Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan
- Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menjelaskan arti dan manfaat pembangunan bagi masyarakat
- Mendeskripsikan hakekat pembangunan berkelanjutan
- Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan
B. Materi Pembelajaran
- Hakekat pembangunan berkelanjutan
- Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan meminta siswa untuk menyebutkan contoh kegiatan pembangunan.
2. Kegiatan Inti: 25 menit
· Tanya jawab tentang hakekat dan ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
· Secara individu, siswa membuat karangan analitis mengenai pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di Indonesia (Portofolio hal 70).
· Siswa mempresentasikan karangan analitisnya. Siswa lain diminta menanggapi.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap karangan analitis siswa.
· Bersama-sama menarik kesimpulan materi.
· Penugasan individu: mengerjakan uji kompetensi pada buku sumber hal 68 - 72.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
1. Penilaian Karangan Analitis
Tema karangan : Apakah proses pembangunan berkelanjutan di Indonesia sudah
berhasil dilakukan?
Rubrik Penilaian Karangan Analitis
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan pengertian dan manfaat pembangunan berkelanjutan | | | | |
Isi menunjukkan bukti-bukti pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di Indonesia | | | | |
Isi menunjukkan analisis terhadap masalah | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
2. Penilaian Uji Kompetensi : - Pilihan ganda hal 68 – 69 (skor 1 s/d 5)
- Isian singkat hal 69 (skor 1 s/d 5)
- Portofolio, Unjuk Kerja, Produk, dan Skala Sikap
berdasarkan rubrik penilaian yang telah tersedia.
Kunci Jawaban
A.
1. c
2. d
3. c
4. a
5. b
B.
1. produsen
2. pembangunan
3. fisik
4. lapisan ozon
5. pembangunan berkelanjutan
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment