GEOGRAFI IX RPP 11
BAB 5. NEGARA-NEGARA DI BENUA ASIA DAN AFRIKA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar : 5.3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra
Indikator : Memberikan contoh negara-negara di Benua Asia dan karakteristiknya
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menjelaskan karakteristik Benua Asia.
- Menyebutkan contoh negara di Benua Asia beserta karakteristiknya.
B. Materi Pembelajaran
- Benua Asia
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru bertanya tentang pembagian kawasan Benua Asia.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan secara garis besar mengenai karakteristik Benua Asia.
· Guru membagi kelas menjadi empat kelompok. Setiap kelompok mendiskusikan hal-hal yang menyebabkan sektor industri Cina berkembang dengan pesat dan membanjiri pasar Indonesia (Unjuk Kerja hal 91).
· Setiap kelompok menguraikan hasil diskusinya. Kelompok lain diminta menanggapi. Setiap kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi masing-masing.
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
1. Penilaian Unjuk Kerja
Tema : Diskusikanlah tentang hal yang menyebabkan sektor industri Cina
berkembang pesat dan membanjiri pasar Indonesia!
Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mencari data | | | | |
Kerja sama dalam kelompok | | | | |
Partisipasi dalam diskusi | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment