Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

29 April 2011

Geografi SMP IX RPP 11



GEOGRAFI IX RPP 11
BAB 5. NEGARA-NEGARA DI BENUA ASIA DAN AFRIKA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar                   : 5.3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra
Indikator                                 : Memberikan contoh negara-negara di Benua Asia dan karakteristiknya
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menjelaskan karakteristik Benua Asia.
-          Menyebutkan contoh negara di Benua Asia beserta karakteristiknya.

B.     Materi Pembelajaran
-          Benua Asia

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru bertanya tentang pembagian kawasan Benua Asia.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Guru menjelaskan secara garis besar mengenai karakteristik Benua Asia.
·           Guru membagi kelas menjadi empat kelompok. Setiap kelompok mendiskusikan hal-hal yang menyebabkan sektor industri Cina berkembang dengan pesat dan membanjiri pasar Indonesia (Unjuk Kerja hal 91).
·           Setiap kelompok menguraikan hasil diskusinya. Kelompok lain diminta menanggapi. Setiap kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi masing-masing.
·           Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta, Atlas, dan Globe
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
1.      Penilaian Unjuk Kerja
Tema               : Diskusikanlah tentang hal yang menyebabkan sektor industri Cina
  berkembang pesat dan membanjiri pasar Indonesia!

Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mencari data




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: