Google Web Search Gadget

Facebook Share

29 April 2011

Geografi SMP IX RPP 8



GEOGRAFI IX RPP 8
BAB 4. BENUA dan SAMUDRA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar                   : 5.3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra
Indikator                                 : - Mendeskripsikan proses pembentukan benua
  - Menginterpretasikan peta untuk mendapatkan informasi tentang posisi benua-benua dan samudra
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menjelaskan kembali proses pembentukan benua
-          Mengidentifikasikan posisi benua-benua dan samudra pada peta

B.     Materi Pembelajaran
Benua dan Samudra

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, unjuk kerja, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan kepada siswa mengenai keberadaan benua dan samudra di muka bumi.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan secara garis besar tentang proses pembentukan benua.
·         Siswa menjelaskan kembali proses pembentukan benua.
·         Guru menayangkan peta dunia dan menunjukkan posisi benua dan samudra.
·         Secara individu, siswa mengidentifikasi posisi benua dan samudra pada peta.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta, Atlas, dan Globe
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet


F.      Penilaian
Ø  Teknik                         : Unjuk kerja
Ø  Bentuk tagihan            : Uji Identifikasi
Ø  Topik diskusi               : Identifikasikanlah posisi benua dan samudra pada peta!

Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan menunjukkan posisi benua dan samudra pada peta




Kemampuan menjelaskan posisi benua dan samudra pada peta




Intonasi suara yang baik




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments:

Finance Tip of the Day

Online shop