GEOGRAFI IX RPP 8
BAB 4. BENUA dan SAMUDRA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar : 5.3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra
Indikator : - Mendeskripsikan proses pembentukan benua
- Menginterpretasikan peta untuk mendapatkan informasi tentang posisi benua-benua dan samudra
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menjelaskan kembali proses pembentukan benua
- Mengidentifikasikan posisi benua-benua dan samudra pada peta
B. Materi Pembelajaran
Benua dan Samudra
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, unjuk kerja, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan kepada siswa mengenai keberadaan benua dan samudra di muka bumi.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan secara garis besar tentang proses pembentukan benua.
· Siswa menjelaskan kembali proses pembentukan benua.
· Guru menayangkan peta dunia dan menunjukkan posisi benua dan samudra.
· Secara individu, siswa mengidentifikasi posisi benua dan samudra pada peta.
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP – ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Ø Teknik : Unjuk kerja
Ø Bentuk tagihan : Uji Identifikasi
Ø Topik diskusi : Identifikasikanlah posisi benua dan samudra pada peta!
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan menunjukkan posisi benua dan samudra pada peta | | | | |
Kemampuan menjelaskan posisi benua dan samudra pada peta | | | | |
Intonasi suara yang baik | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment