GEOGRAFI VIII RPP 12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Indikator : - Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
- Menganalisis usaha pelestarian lingkungan hidup
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup.
- Mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya kerusakan lingkungan hidup.
- Menganalisis usaha-usaha guna melestarikan lingkungan hidup.
B. Materi Pembelajaran
- Kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
- Usaha pelestarian lingkungan hidup
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, diskusi, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menayangkan gambar tentang kerusakan lingkungan kemudian tanya jawab tentang bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup akibat proses alam dan kegiatan manusia.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru membuat undian yang berisi nama kelompok siswa.
· Kelompok yang terpilih mempresentasikan laporan pengamatan tentang pencemaran lingkungan yang terdapat di lingkungan sekitar tempat tinggal siswa. Kelompok lain dimintai tanggapannya.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi
· Menarik kesimpulan bersama.
· Penugasan individu, siswa membuat kliping tentang pencemaran lingkungan dari media cetak. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar kerusakan lingkungan
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
1. Penilaian tugas kelompok berupa laporan pengamatan
Topik laporan : Buatlah laporan pengamatan tentang pencemaran yang ada di
sekitar tempat tinggalmu, catatlah jenis pencemaran yang
paling banyak terjadi!
Rubrik Penilaian Laporan
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan bukti-bukti adanya pencemaran lingkungan, dapat berupa foto, sampel bahan pencemar, dan sebagainya | | | | |
Isi menunjukkan analisis terhadap penyebab terjadinya pencemaran lingkungan | | | | |
Isi menunjukkan sikap dan kepedulian terhadap pencemaran lingkungan | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
2. Penilaian Unjuk kerja (diskusi kelompok)
Rubrik Penilaian Diskusi *)
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mencari data | | | | |
Partisipasi dalam diskusi | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian laporan!
3. Penilaian tugas individu membuat kliping tentang pencemaran lingkungan
Rubrik Penilaian Kliping*)
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kliping memuat gambar-gambar tentang pencemaran lingkungan | | | | |
Gambar pencemaran lingkungan disertai dengan artikel dan pendapat siswa | | | | |
Kebersihan dan kerapihan kliping | | | | |
Pencantuman sumber gambar | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian laporan!
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment