GEOGRAFI IX RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar : 5.3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra
Indikator : Mendeskripsikan karakteristik masing-masing benua
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menguraikan karakteristik bentang alam dan penduduk di benua-benua.
- Menyebutkan kegiatan perekonomian penduduk di benua-benua.
B. Materi Pembelajaran
Karakteristik bentang alam dan penduduk di benua-benua
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, ceramah, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan perbedaan antara benua dan pulau.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan secara garis besar tentang karakteristik bentang alam dan penduduk di benua-benua.
· Secara individu, membuat karangan tentang keunikan benua-benua beserta pengaruhnya terhadap cara hidup manusia pada benua tersebut (Portofolio hal 74).
3. Kegiatan Penutup: 5 menit
· Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe
- OHP/ Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
1. Penilaian Portofolio (Karangan analitis)
Tema karangan : Tulislah sebuah karangan tentang keunikan benua-benua yang ada di
dunia beserta pengaruhnya terhadap cara hidup manusia yang tinggal
pada masing-masing benua tersebut! (hal 74)
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menjelaskan keunikan benua-benua baik unsur fisik maupun sosial | | | | |
Isi menunjukkan pengaruh kondisi fisik dan iklim terhadap kehidupan masyarakat | | | | |
Isi menunjukkan bukti adaptasi masyarakat terhadap keadaan benua tempat tinggalnya | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment