Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

29 April 2011

Geografi SMP IX RPP 9



GEOGRAFI IX RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 5. Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar                   : 5.3. Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudra
Indikator                                 : Mendeskripsikan karakteristik masing-masing benua
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menguraikan karakteristik bentang alam dan penduduk di benua-benua.
-          Menyebutkan kegiatan perekonomian penduduk di benua-benua.

B.     Materi Pembelajaran
Karakteristik bentang alam dan penduduk di benua-benua

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, ceramah, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menanyakan perbedaan antara benua dan pulau.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Guru menjelaskan secara garis besar tentang karakteristik bentang alam dan penduduk di benua-benua.
·           Secara individu, membuat karangan tentang keunikan benua-benua beserta pengaruhnya terhadap cara hidup manusia pada benua tersebut (Portofolio hal 74).
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta, Atlas, dan Globe
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
1.      Penilaian Portofolio (Karangan analitis)
Tema karangan : Tulislah sebuah karangan tentang keunikan benua-benua yang ada di
   dunia beserta pengaruhnya terhadap cara hidup manusia yang tinggal
   pada masing-masing benua tersebut! (hal 74)
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menjelaskan keunikan benua-benua baik unsur fisik maupun sosial




Isi menunjukkan pengaruh kondisi fisik dan iklim terhadap kehidupan masyarakat




Isi menunjukkan bukti adaptasi masyarakat terhadap keadaan benua tempat tinggalnya




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: