29 April 2011

Geografi SMP VIII RPP 7



GEOGRAFI VIII RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Mengidentifikasikan permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
Indikator                                 : Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap
  propinsi dan pulau di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menyebutkan pengertian kepadatan penduduk.
-          Menghitung kepadatan penduduk pada suatu daerah dengan tepat.

B.     Materi Pembelajaran
Kepadatan Penduduk

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, tanya jawab, presentasi, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
1.      Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menayangkan gambar tentang kepadatan penduduk. Siswa membaca buku sumber tentang kepadatan penduduk.
·         Siswa mengumpulkan laporan mengenai data kependudukan tempat tinggal masing-masing. Guru memberikan penilaian laporan siswa dan memilih laporan terbaik untuk dipresentasikan.
2.      Kegiatan Inti: 20 menit
·         Tanya jawab tentang terjadinya kepadatan penduduk, terutama di daerah perkotaan.
·         Guru menunjuk dua orang siswa dengan laporan terbaik untuk mempresentasikan laporannya. Siswa diberi waktu tujuh menit untuk presentasi.
·         Siswa mempresentasikan laporan dan menguraikan cara menghitung kepadatan penduduk daerah tempat tinggalnya.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas VIII – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          World Population Datasheet 2006
-          Gambar/ foto tentang kepadatan penduduk
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
1.      Penilaian tugas individu membuat laporan mengenai kepadatan penduduk wilayah tempat tinggal siswa.

Rubrik Penilaian Laporan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan data-data kependudukan yang akurat dan lengkap




Isi menunjukkan analisis terhadap masalah kepadatan penduduk daerah masing-masing




Isi menunjukkan uraian perhitungan kepadatan penduduk daerah tempat tinggal dengan tepat




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan terhadap masalah




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

2.      Penilaian Unjuk Kerja (Presentasi)

Rubrik Penilaian Presentasi*)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Kemampuan mendapatkan data yang diperlukan




Kemampuan menjabarkan jawaban secara lengkap dengan rumus




Kemampuan menjabarkan analisis atas hasil perhitungan kepadatan penduduk yang didapatkan




Kemampuan mempresentasikan laporan dengan baik




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian laporan!





Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi



____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: