Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

29 April 2011

Geografi SMP IX RPP 3



GEOGRAFI IX RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mengidentifikasikan ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Indikator                                 : Memberi contoh negara-negara yang tergolong kedalam negara maju dan negara berkembang di dunia beserta alasannya
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mengidentifikasi negara-negara yang termasuk kelompok negara maju dan negara berkembang.
-          Menyebutkan contoh negara maju dan negara berkembang di dunia, beserta alasannya.

B.     Materi Pembelajaran
Negara maju dan  negara berkembang di dunia

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, tes tertulis, dan penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Tanya jawab tentang faktor-faktor yang memengaruhi persebaran negara maju dan negara berkembang.
·         Siswa mengumpulkan tugas membuat paper tentang negara maju dan negara berkembang.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Guru menunjuk empat orang siswa dengan paper terbaik untuk mempresentasikan papernya di depan kelas. Setiap siswa diberi waktu tujuh menit untuk presentasi.
·           Secara individu, siswa mempresentasikan paper masing-masing. Siswa lain diminta menanggapi.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Bersama-sama membahas soal tes uji kemampuan siswa.
·           Melakukan refleksi materi dan menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
·           Penugasan individu: mengerjakan uji kompetensi (hal 10-13) dan soal evaluasi (hal 14-16) pada buku sumber. Tugas ini dikumpulkan dan dibahas bersama-sama pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP Kelas IX – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          World Population Datasheet 2006
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet

F.      Penilaian
1.      Penilaian Paper mengenai negara maju dan negara berkembang di dunia
Rubrik Penilaian
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menjelaskan profil negara yang dibahas




Isi menunjukkan penjelasan dan analisis berdasarkan data-data mengenai kemajuan negara tersebut




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

2.      Penilaian Unjuk Kerja (Presentasi)
Rubrik Penilaian*)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Kemampuan mendapatkan data yang diperlukan




Kemampuan menjabarkan jawaban secara lengkap berdasarkan data




Kemampuan menjabarkan analisis berdasarkan yang telah didapatkan




Kemampuan mempresentasikan paper dengan baik




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar
*)Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian F.1!

3.  Penilaian Uji Kompetensi        : - Pilihan ganda hal 10 (skor 1 s/d 5)
                                                              - Uraian singkat hal 10 (skor setiap soal benar 1)
                                                              - Portofolio, Unjuk Kerja, Produk, dan Skala Sikap
    berdasarkan rubrik penilaian yang telah tersedia.

Kunci Jawaban
A.
1.      c
2.      c
3.      d
4.      d
5.      a

B.
1.      berkembang
2.      Singapura
3.      Asia dan Afrika
4.      berkembang
5.      fasilitas kesehatan


4. Penilaian Evaluasi Semester: - Pilihan ganda hal 14 – 16 (skor 1 s/d 20)
                                                         - Uraian hal 16 (penilaian otoritas guru)

Kunci Jawaban Evaluasi Semester 1
A.

1.      c
2.      b
3.      a
4.      c
5.      c
6.      d
7.      c
8.      c
9.      b
10.  d
11.  b
12.  a
13.  b
14.  d
15.  c
16.  d
17.  b
18.  a
19.  c
20.  c



B.
1.      Standar hidup, tingkat pendapatan per kapita, pertumbuhan penduduk, penanganan masalah kependudukan, dan tingkat perekonomian penduduk.

2.      Jumlah penduduk, tingkat pertumbuhan penduduk, tingkat kematian bayi, rata-rata kelahiran hidup, usia harapan hidup, dan tingkat pendapatan per kapita.

3.      Ciri-ciri negara maju antara lain sebagai berikut.
§  Pendapatan per kapita per tahunnya tinggi.
§  Tingginya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
§  Mampu mengolah sumber daya alam secara optimal.
§  Mata pencaharian utama penduduk tidak lagi hanya di sektor primer, melainkan juga sektor industri dan jasa.
§  Industri dan jasa merupakan sektor andalan.
§  Usia harapan hidup penduduk tinggi.

4.      Karakteristik negara berkembang antara lain sebagai berikut.
§  Produksi barang-barang primer seperti pertanian masih dominan.
§  Adanya masalah tekanan penduduk yang meliputi tingkat pengangguran tinggi, pertumbuhan penduduk tinggi, produktivitas rendah, tingginya tingkat kemiskinan, beban tanggungan tinggi, ketergantungan terhadap bangsa lain tinggi, dan mudah terpengaruh.
§  Belum mampu mengolah sumber daya alam dengan baik.
§  Kekurangan modal.
§  Ketergantungan pada impor hasil industri dan ekspor dari hasil pertanian.
§  Pada umumnya, negara berkembang memiliki tingkat kesehatan yang rendah, ditandai dengan angka kematian dan kelahiran tinggi, sedangkan angka harapan hidup rendah.
§  Tingkat pendapatan per kapita masih rendah.
§  Infrastruktur masih terbelakang.

5.      Masalah kependudukan yang biasa dihadapi negara berkembang antara lain sebagai berikut.
§  Tingkat pengangguran tinggi.
§  Pertumbuhan penduduk tinggi.
§  Produktivitas rendah.
§  Tingginya tingkat kemiskinan.
§  Beban tanggungan tinggi.
§  Mudah terpengaruh terhadap budaya bangsa lain.
§  Tingkat kesehatan yang rendah, ditandai dengan angka kematian dan kelahiran tinggi, sedangkan angka harapan hidup rendah.

6.      Tinggi rendahnya usia harapan hidup dan angka kematian bayi menunjukkan tingkat kesehatan penduduk suatu negara. Semakin tinggi tingkat kesehatan penduduk, maka semakin tinggi angka usia harapan hidup penduduk, sedangkan angka kematian bayi negara tersebut rendah. Tingkat kesehatan mengidentifikasikan lengkap atau tidaknya fasilitas kesehatan yang dimiliki oleh suatu negara. Tingkat kesehatan juga dapat mengidentifikasikan tingkat kesejahteraan penduduk negara yang bersangkutan. Oleh karena itu, tingkat usia harapan hidup dan angka kematian bayi dapat dijadikan indikator perkembangan suatu negara.

7.      Keberhasilan pembangunan suatu negara ditunjukkan oleh tinggi rendahnya tingkat pendapatan per kapita suatu negara. Semakin tinggi tingkat pendapatan per kapita suatu negara, maka tingkat keberhasilan pembangunan di negara tersebut semakin tinggi.

8.      Indonesia termasuk negara berkembang yang penduduknya terbanyak keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika Serikat.

9.      Kendala yang menghambat pembangunan di Indonesia antara lain berikut ini.
§  Wilayah yang luas dan berupa kepulauan merupakan salah satu faktor penghambat pembangunan di Indonesia. Sarana transportasi yang belum memadai dan sulitnya menjangkau daerah-daerah pelosok membuat Indonesia sulit berkembang.
§  Terjadinya pemusatan penduduk di daerah perkotaan, khususnya di Pulau Jawa. Sementara, pemusatan penduduk di daerah perkotaan menimbulkan berbagai masalah bagi daerah perkotaan dan darah pedesaan.
§  Rendahnya etos kerja dan produktivitas penduduk Indonesia.
§  Tingkat pendidikan penduduk Indonesia masih rendah.
§  Tingginya angka beban ketergantungan akibat pertumbuhan penduduk yang tinggi.
§  Masih banyak terdapat daerah tertinggal di Indonesia yang sulit dikembangkan.
§  Kekurangan sumber modal untuk meningkatkan pembangunan ekonomi.
§  Ketidakstabilan politik.

Upaya yang dapat dilakukan guna mengatasi permasalahan yang menghambat pembangunan di Indonesia antara lain sebagai berikut.
§  Meningkatkan tingkat pendidikan penduduk melalui peningkatan sarana dan prasarana pendidikan yang merata di seluruh Indonesia.
§  Melakukan program pemerataan penduduk melalui transmigrasi.
§  Mengurangi tingkat kelahiran bayi melalui program Keluarga Berencana.
§  Menghapus budaya Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme di semua kalangan.
§  Meningkatkan sarana dan prasarana transportasi yang memadai.
§  Memperhatikan usaha kecil menengah yang dapat dijadikan tumpuan perekonomian Indonesia.
§  Diperlukan kepedulian dari seluruh kalangan masyarakat agar Indonesia dapat berhasil meningkatkan perekonomian.

10.  Apabila dibandingkan dengan Singapura, Indonesia sudah jauh tertinggal kemajuan pembangunannya. Singapura merupakan negara industri dan perdagangan terbesar di Asia Tenggara. Kemajuan industri dan perdagangan Singapura didukung oleh adanya pelabuhan yang strategis. Walaupun wilayahnya sempit dan miskin akan sumber daya alam, namun etos kerja penduduk Singapura yang tinggi. Hal tersebutlah yang mampu mendorong kemajuan perekonomian negara tersebut. Berdasarkan penjelasan pada no.9 di atas, terlihat jelas bahwa Indonesia dari segi ekonomi, sosial, dan politik sudah tertinggal jauh dari Singapura.



Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi


____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

No comments: